02 Juli 2009

Pertegas Keberadaan di Ende, HMI Gelar Seminar Sehari

* Tema, 2009-2014 ke Manakah Indonesia Akan Dibawa
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Guna mempertegas keberadaan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia di Ende, GMI menggelar seminar sehari dengan tema 2009-2014 ke manakah Indonesia akan dibawa. Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara masing-masing ketua KPUD Ende yang diwakili oleh Vincentius Maximus Moni, Pemerintah Kabupaten Ende yang diwakili oleh Kepala Kesbanglinmas Kabupaten Ende, Gabriel Tobi Sona dan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ende, Abdul Syukur Muhamad.

Penginisiatif pendirian HMI Cabang Ende di Ende, Israti Maisara di sela-sela kegiatan di gedung Baranuri, Sabtu (27/6) mengatakan, sejak tiga tahun lalu memang sudah ada HMI di Ende, namun HMI pada waktu itu dibentuk tanpa masuk dalam struktur organisasi baik di tingkat provinsi maupun di tingkat pusat. Untuk itu, sebagai alumni HMI memandang perlu membentuk organisasi HMI yang masuk di dalam struktur organisasi baik provinsi maupun pusat. Sejauh ini di NTT baru terdapat dua cabang yakni Cabang Kupang dan Cabang Alor.

Tanggungjawab Moril KAHMI
Selain itu, langkah membentuk HMI di Ende, kata Maisara adalah bentuk tanggung jawab moril alumni yang melihat selama ini jumlah mahasiswa Islam yang ada di Ende semakin banyak namun tidak terorganisir secara baik di dalam suatu wadah organisasi pembinaan. “Lihat banyaknya jumlah mahasiswa Islam di Ende maka kami dari korps alumni HMI (KAHMI) berinisiatif bentuk HMI di Ende.” Apalagi, kata dia, di Ende saat ini banyak terdapat alumni HMI baik dari Malang, Jogjakarta, Kupang dan Makasar.

Kehadiran HMI di Ende, kata Maisara diharapkan bisa menjadi kelompok yang dapat memberikan kontribusi baik kepada pemeirntah maupun masyarakat. Keberadaan HMI juga diharapkan bisa sejalan dengan tujuan HMI yakni terciptanya lima insan cita yakni insan pencipta, insan pengabdi yang berdasarkan Islam serta tanggugn jawab terhadap kepentingan masyarakat yang diridhoi Allah SWT dan insan akademis.

Pembentukan HMI bertepatan dengan dies natalis HMI pada 5 Februari 2009 lalu. Pada pembentukan langsung dipilih kepengurusan yakni Ketua Muhamad Lanir, mahasiswa FKIP sastra Unflor Ende.

Partisipasi Pesta Demokrasi
Ketua Panitia Seminar Sehari, Harun Benge mengatakan, kegiatan seminar ini bertujuan memberikanpemahaman kepada masyarakat akan pentingnya turut berpartisipasi dalam pesta demokrasi pemilihan presiden 2009, memberikan pemahaman politik kepada masyarakat dalam menentukan pilihan politik secara ibjektif.

Ditegaskan, sebagai rakyat Indonesia tentunya berharap agar pelaksanaan pemilu presiden berjalan lancar, tertib dan aman sehingga mampu menghasilkan pemimpin bangsa yang berkualitas sesuai dengan pilihan rakyat. Tersedianya banyak figur nasional yang siap mengemban kepemimpinan nasional menjadikan rakyat harus pandai memilih atau menentukan pilihan politiknya yang objektif dan tidak boleh ada tendensi yang sifatnya egosentrik.

Tiga pasang calon presiden dan wakil presiden yang akan dipilih dalam pemilu nanti telah pula menyiapkan visi dan misi dalam rangka membangun bangsa untuk periode lima tahun ke depan. Degan demikian, rakyat dapat menentukan dan meberikan penilaian sejauh mana kesiapan dan kepantasan seseorang memimpin negeri ini. Untuk itu perlu dilakukan kajian komprehensif untuk menentukan kecenderungan sikap politik. Sebagai bagian kecil dari rakyat Indonesia, HMI Cabang Ende menyelenggarakan seminar sehair sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian terhadap suksesnya pemilu presiden dan wakil presiden 2009.



1 komentar:

Syahid mengatakan...


https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk

Web: almawaddah.info

Salam


Kepada:

 

Redaksi, rektor dan para akademik


Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari web: almawaddah. info

Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 


Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan