02 Juli 2009

Maknai HUT Bhayangkara ke-63, Polisi Bertekad Lebih Baik dan Matang

* Keberhasilan Berkat Bantuan Masyarakat
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Mem[eringati hari ulang tahun ke-63 Bhayangkara, jajaran Polres End bertekad ke depan akan lebih baik dan mantap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kendati perayaan peringatan HUT Bhayangkara diselenggarakan dalam suasana kesederhanaan, namun bukan menghilangkan maknanya namun semakin membuat insan Polri semakin berbenah diri dan meingkatkan pengamanan terutama menjelang pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden 8 Juli mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Kepolsian Resor (Kapolres) Ende, AKBP Bambang Sugiarto kepada Flores Pos di ruang kerjanya usai memimpin upacara peringatan HUT ke063 Bhayangkara di halaman Mapolres Ende, Rabu (1/7). Kapolres Sugiarto mengatakan, penyelenggaraan kali ini tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya di mana, yang menajdi inspektur upacara orang dari Polda. Namun perayaan kali ini diarahkan untuk dibuat sesederhana mungkin apalagi bertepatan degan momen pengamanan pemilu presiden mendatang.

Lebih Baik dari Kemarin
Dikatakan, dengan momen perayaan HUT Bhayangkara ini, Polri dan Polres Ende khususnya ke depan diharapkan akan semakin lebih baik dari hari kemarin. Jajaran Polres Ende juga diharapkan semakin matang dalam segala hal. Pada kesempatan itu, Kapolres Bambang juga menyatakan terima kasihnya kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan kepada Polri dan Polres Ende khususnya dalam setiap kegiatan. Keberhasilan Polri tidak semata atas kerja keras Polri namun juga berkat bantuan masyarakat. “Banyak kasus yang terugnkap tidak semata kerja keras Polisi. Tetapi juga atas bantuan masyarakat kendati masih ada masyarakat yang masih berupaya melindungi.”

Ke depan, dia ebrharap kerja sama yang telah terjalin itu dapat terus dilanjutkan. Keberanian mayasrakat dalam menungkap dan melaporkan tindakan kejahatan agar dapat ditingkatkan. Selama ini, kata dia, masyarakat masih enggan menjadi saksi karena tidak mau berurusan dengan polisi. “Saya harap masyarakat juga bisa menjadi polisi bagi diri sendiri karena tanggung jawab keamanan adalah tanggung jawab bersama.”

Di hadapan jajaran Polres Ende, para pensiunan dan Bhayangkari Polres Ende pada acara syukuran di aula Bhayangkara, Kapolres Sugiarto juga kembali menegaskan hal tersebut. Mengutip sambutan Kapolda, dia mengatakan bahwa keberhasilan yang diraih Polri dalam melaksanakan tugas tidak semata atas kerja Polri saja tapi juga atas bantuand an kerja sama dengan masyarakat. Untuk itu ke depan diharapkan kerja sama itu terus ditingkatkan mengingat tantangan ke depan akan semakin berat dan kompleks.

Sudah Cukup Dewasa
Sesepuh Polri, Kapten Polisi (Purnawirawan) Arnold Simamuda pada kesempatan itu mengatakan, angka 63 tahun berdirinya Polri menunjukan bahwa kepolisian sudah cukup dewasa dan dalam perjalanannya mengalami suka dan duka. Sebagai pensiunan polisi, dia menitipka pesan kepada Polri yang tetap tegas dan perkasa untuk selalu mengingat moto Polri dalam melaksanakan tugas. “Junjung komitmen moral dan tidak bertindak arogan, acuh dan menang sendiri.”

Kepada segenap jajaran Polres Ende, dia berharap agar hal-hal yang baik yang selama ini telah dicapai agar ke depan tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan. Polisi juga harus menjadi mitra masyarakat bukan sebagai musuh masyarakat sehingga ke depan, Polri diharapkan semakin profesional dan mandiri.

Ketua Panitia HUT Bhayangkara, AKP K Suka Abdi yang juga menjabat Kabag Bina Mitra Polres Ende mengatakan, mengisi hari-hari menyongsong HUT ke-63 Bhayangkara, jajaran Polres Ende telah menggelar aneka kegiatan seperti bhakti karya di pasar dan tempat ibadah, bhakti sosial melalui kegiatan donor darah. Juga telah digelar pertandingan voli dan tenis meja dan yang terakhir kunjungan inspeksi Kapolres Ende bersama tim ke setiap Polsek dan yang terakhir ke Polsek Pulau Ende. Kegiatan, lanjut dia juga diisi dengan melakukan penghijauan di lingkup Mapolres Ende dan asrama polisi dengan menanam sejumlah pohon.



Tidak ada komentar: