02 Juli 2009

KPUD Mulai Lakukan Sortir dan Pelipatan Surat Suara

* DistribuĂ­s Mulai Empat Hari Jelang Pilares
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Ende hingga Senin telah menerima dua jenis logistik pemilu yakni tinta dan surat suara. Setelah diterima, surat suara sebanyak 166.759 lebar tersebut sudah mulai disortir dan dilipat. Penyortiran dan pelipatan surat suara ini selain melibatkan staf di Sekretariat KPUD Ende juga melibatkan anggota Polres Ende.

Hal itu dikatakan Koordinator Divisi Logistik KPUD Ende, Jamal Umar di Sekretariat KPUD Ende, Senin (22/6). Jamal Umar mengatakan, pada tanggal 15 Juni lalu, KPUD sudah menerima tinta sebanyak 1.756 botol dan pada 18 Juni surat suara sebanyak 166.759 lembar diterima KPUD Ende. Surat suara yang diterima itu, kata dia sudah mencukupi kebutuhan pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden 8 Juli mendatang sesuai dengan jumlah pemili tetap ditambah dua persen surat suara cadangan. “Kita baru terima tinda dan surat suara. Logistik yang lain masih dalam perjalanan.”

Namun diakui, dari jumlah itu belum diketahui apakah semua surat suara yang telah diterima itu dalam keadaan bagus semua atau ada yang rusak. Jika dalam proses penyortiran dan pelipatan nanti ternyata ditemukan banyak surat suara yang rusak dan jumlahnya bakal kurang dari jatah yang harus disiapkan maka akan diminta ke KPUD provinsi untuk dilakukan penambahan.

Untuk pelaksaaan penyortiran dan pelipatan surat suara, kata Umar, KPUD telah berkoordinasi dengan pihak Polres Ende. Namun dalam proses ini, selain melibatkan anggota Polres ende, KPUD Ende juga memanfaatkan tenaga di Sekretariat KPUD untuk membantu melakukan penyortiran. Hal itu perlu dilakukan agar pendistribusian logistik pemilu dapat tiba di TPS tepat pada waktunya. Dijelaskan, untuk pendistribusian logistik pemilu presiden dan wakil presiden, akan dilakukan KPUD paling lambat empat hari menjelang pelaksanaan pemilu. “Paling H-1 sebelum pemilu semua logistik sudah tiba di TPS.”

Dalam pendistribusian logistik ini, kata Umar, KPUD seperti pada pelaksanaan pemilu sebelumnya akan memprioritaskan daerah-daerah yang jangkauan transportasinya sulit. Pendistribusian juga diprioritaskan daerah-daerah yang jauh dan sulit dijangkau agar menghindari keterlambatan tiba di TPS. Sedangkan wilayah-wilayah terutama di dalam Kota Ende, pendistribusian paling lambat satu hari menjelang pemilu.

Dia berharap, dalam waktu dkat ini logistik pendukugn lainnya seperti formulir-formulir yang sangat dibutuhkan dalam pemilu nanti sudah bisa tiba di Ende agar dapat dilakukan penyortiran dan pengepakan. Formulir-formulir seperti formulir model c, DA kecamatan dan DB untuk kabupaten dan amplop sejauh ini masih dalam perjalanan. Diharapkan dalam minggu ini sudah bisa tiba.



Tidak ada komentar: