04 Agustus 2009

Kalahkan Persamba, Persim Juara III ETMC Bajawa

Oleh Hieronimus Bokilia

Bajawa, Flores Pos
Persim Manggarai yang harus puas bermain memperebutkan posisi ketiga setelah ditahan 1-0 Pereftim Flores timur di babak semifinal, akhirnya mampu menjadi juara III ETMC 2009 Bajawa setelah mampu mengalahkan Persamba Manggarai Barat dengan skor 3-1. pada laga di Stadion Lebijaga, Minggu (2/8), Persamba unggul lebih dahulu lewat gol Nikolaus Tolentino di menit kedelapan. Namun Persim mampu menyamakan kedudukan lewat gol Laurens Santur menit ke-22 disusul gol Raimundus Janggu lewat titik pinalti dan gol penutup Willy A Pong menit ke-75. menduduki peringkat III ETMC Bajawa, Persim berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp18 juta.

Laga yang dipimpin wasit Idris Boli, Persamba yang turun dengan kostum merah-putih ini lebih banyak menurunkan pemain-pemain lapis keduanya. Sedangkan Persim turu dengan kostum merah-merah menurunkan pemain utama untuk menghadapi Persamba. Sejak kisck of babak pertama, Persamba langsug menghentak barisan pertahanan Persim. Tekanan yang dilakukan akhirnya berbuah gol di menit ke-11 lewat tendangan keras yang cukup spektakuler Nikolaus Tolentino dari luar kotak enam belas. Penjaga gawang Persim Manggarai, Bram Lay yang sudah lebih dulu keluar posisinya tidak mampu menjangkau bola dan membiarkan bola gol. Unggul satu gol, anak-anak Manggarai Barat terus melakukan tekanan ke jantung pertahaan Persim. Namun Albert Ambal, kapten tim yang mengkoordinir lini belakang tidak mau kebobolan untuk kedua kalinya. Mereka mampu mematahkan serangan yang dibangun Dion Nonggor dan kawan-kawan.

Persim bahkan balik melakukan tekanan yang langsung menohok ke pertahanan Persamba. Pergerakan cepat Willy A Pong, Yohanes Amban dibantu suplai bola-bola panjang yang disodorkan Laurens Pupa dan Sil Santur langsung ke pertahanan Persamba membuat repot barisan belakang. Umar Said, Petrus, Farukh dan Yanto Beo dibuat repot. Namun berkat kekompakan mereka, Willy A Pong sulit menciptakan gol.
Lorens Pupa yang beberapa kali membantu menyerng bersama teman-temanya mulai membangun serangan yang terarah ke gawang Persamba. Kerja keras yang menggempur dari berbagai lini akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-22. Laurensius Santur yang diapit Farukh dan Yanto Beo, berhasil melakuka akselesari dan melepaskan sebuah tembakan ke gawang Ramli Budiman. Ramli yang sudah bergerak hendak mengantisipasi tembakan Santur akhirnya hanya menyaksikan bola merobek jalanya. Bola yang lebih dulu menyentuh kaki Farukh berbalik arah memasuki gawang yang sudah ditinggalkan Budiman.

Gol bsalan ini tidak bertahan lama. Selang dua menit kemudian, satu tembakan keras Willy A Pong membentur tangan Farukh di kotak pinalti. Idris Boli langsung menunjuk titik putih. Raymundus Jangggu tidak mensia-siakan peluang emas ini. Bola langsung disarangkannya dnegan sempurna ke gawang Budiman dan merubah kedudukan menjadi 2-1. Hingga turun minum babak pertama kedudukan tetap bertahan 2-1.

Di babak kedua, anak-anak Manggarai Barat berupaya menekan untuk mengejar ketinggalan. Namun Kristo Sadur dan kawan-kawan tidak dapat berbuat banyak menghadapi sudara tuanya. Bermain tanpa Adi Adrianus dan Eduardus Bhoko yang cedera saat laga vs Persematim tidak diturunkan.

Persim yang unggul di segala lini, terus melakukan tekanan. Mereka nyaris menguasai jalannya pertandingan di babak kedua. Tekanan demi tekanan terus diarahkan ke pertahanan Persamba. Willy A Pong akhirnya mampu menambah koleksi golnya pada menit ke-75. Gol ini tercipta atas kerja sama satu-dua Lorens Pupa yang menyodorkan bola kepada Lorens Lau yang ;langsung meneruskannya kepada Willy A Pong. Tanpa pengawalan ketat, dia mampu melepaskan tembakan datar ke sudut tiang jauhyang sulit diantisiasi Ramli Budiman. Gol terakhir Willy A Pong bertahan hingga pertandingan bubar.



Tidak ada komentar: