02 Agustus 2009

Prefiu ETMC XXV Bajawa

Pertarungan Gengsi Persamba vs Persiteng Sumba Tengah
Oleh Hieronimus Bokilia

Bajawa, Flores Pos
Pertandingan Persamba Manggarai Barat menghadapi pendatang baru Persiteng Sumba Tengah di laga babak penyisihan turnamen El Tari Memorial Cup Bajawa Kamis pagi ini di Stadion Lebijaga merupakan pertarunga gengsi kedua tim. Persamba harus bertaruh gengsi dngan Persiteng yang baru kali ini bermain di ajang ETMC. Sementara Persiteng yang datang tanpa target lebih mengedepankan persahabatan dan sportifitas pada laga ini.

Asisten pelatih Persamba Manggarai Barat Ansel Ragha kepada Flores Pos di sela sesi latihan di Lapangan Kartini, Rabu (29/7) mengatakan, persiapan Persamba setelah selesai menghadapi Persami di babak penyisihan, para pelatih telah membangun tim yang bagus dan all out untuk siap menghadapi Sumba Tengan di perdelapan final. Tekad Persamba dalam menghadapi Persiteng adalah harus menang. Untuk skuad pemain tidak beda jauh dengan skuad pemain yamg diturunkan saat babak penyisihan grup menghadapi Persami Maumere. Namun kata dia, kemungkinan adanya perubahan line up tentu bis saja terjadi. Karena para pelatih akan melihat lini mana yang lemah yang perlu dipoles kembali.

Menghadapi Sumba Tengah, kata Ragha, setelah melihat permainan mereka pada laga babak penyisihan grup, memang permainan mereka tidak begitu menonjol. Hanya saja pergerakan semua pemain yang begitu hidup di semua lini itu yang patut diwaspadai. Namun diakui bahwa tidak ada pemain Persiteng yang harus diwaspadai secara khusus. Namun dengan tkad yang tentu saja untuk menang maka setiap pergerakan mereka patut diwaspadai.

Trio pelatih Persama Felix Kleden, Hendrik Mandoza dan Ansel Ragha tentu tidak mau kehilangan peluang begitu saja. Tentu denga peluang lolos ke babak semifinal yang sudah ada di depan mata tidak akan disiah-siakan. Pemain-pemain seperti Edu Bhoko, Bewrthi Agung, Sahlan Umar dan Fahrul. Pilihan penjaga gawang tentu tidak lari dari Wili Supardi Tamat. Di lini tengah, pilihan trio pelatih tentu mempercayakan Yanto Beo, Ismail, Tolentino dan Adi Adrianus untuk membantu suplai bola kepada duet striker Yance Ledo dan Dion Nonggor.

Sementara Manajer Persiteng Sumba Tengah, Mikael Guara mengatakan, Persiteng sejak awal dating tanpa target apapun. Kehadiran dan keikutsertaan Persiteng hanyalah untuk berpartisipasi dan menjalin kebersamaan, persahaatan dan persaudaraan antar sesame pemain dan pengurus. Namun dengan keberadaan di ajang turnamen ETMC dan telah meraih hasil maksimal melaju ke babak perdelapan final ini maka saat menghadapi Persamba Mabar akan berupaya mengimbangi permainan Mabar sesuai kemampuan yang ada.

Dikatakan, kehadiran Persiteng memang tanpa target namun dengan hasil yang dicapai ini akan berupaya untuk dipertahankan saat menghadapi Persamba. Kehdiran di ajang ETMC, kata Guara adalah semata ingin berpartisipasi apalagi sebagai daerah baru yang baru pertama kali ambil bagian di ajang ETMC ini. Keberadaan Sumba tengah di ajang ini juga untuk memaknai nilai-nilai perjuangan mendiang El Tari dan makna dari perhelatan akbar tahunan ini. “Sukses lolos di babak delapan besar adalah hasil yang luar biasa. Soal hasil nanti kita lihat di lapangan.” Terpenting, kata Guara setiap pemain harus menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas dan persaudaraan sejati dalam setia pertandingan. Menang atau kalah tidak menjaditarget Persiteng namun persaudaraan sejatilash yang harus dijunjung tinggi. Prinsipnya adalah bermain dengan baik dan bermartabat karena di ETMC ada nilai lain yang mau diperjuangkan yakni jujur, sportif dan itulah modal untuk membagun daerah NTT ini.


Kota Kupang Targetkan Tembus Babak Final
* Janji Suguhkan Permainan Cantik
Oleh Hieronimus Bokilia

Bajawa, Flores Pos
Dengan target harus lolos ke putaran final ETMC Bajawa maka bagi PSKK Kota Kupang tidak ada kata lain selain harus menang di babak perdelapan final saat menjamu Persematim di laga Kamis, (30/7) di Stadion Lebijaga pukul 15.00 hari ini. Nbamun tidak saja mengejar target harus menang, PSKK Kota Kupang juga menjanjikan akan menyuguhkan permainan cantik yang enak ditontonton.

Lolos ke putaran perdelapan final ETMC XXV Bajawa, bagi PSKK Kota Kupang sudah merupakan target. Tapil di perdelapan final menghadapi Persematim Manggarai Timur, Kota Kupang menjanjikan akan menampilkan permainan cantik yang enak ditonton.
Mengandalkan sejumlah pemain yang telah diturunkan pada laga-laga di babak penyisihan grup, Kota Kupang menyatakan kesiapan untuk tampil di putaran perdelapan final ini. Target PSKK Kota Kupang tidak lain adalah tampil di final menghadapi tuan rumah PSN Ngada.

Manajer PSKK Kota Kupang, Felix Dando mengatakan, menghadapi Persematim Manggarai Timur nanti, perubahan total pemain tidak dilakukan. Hanya diisi pada posisi-posisi tertentu yang dirasa masih ada titik lemah pada laga sebelumnya. Kemungkinan yang berubah hanyalah pada ola bermain anak-anak Kota Kupang. Dando mengatakan, kesiapan fisik dan kesehatan pemain sudah oke untuk turun main di perdelapan final menghadapi Persematim. Komposisi pemain akan tetap dipertahankan dan hanya pola permainan saja yang mengalami perubahan. Hanya saja rotasi pemain tentu akan dilakukan dengan melihat kondisi di lapangan.

Menghadapi Persematim, yang memiliki sejumlah pemain seperti Deky Kadja, Artus Karpitang dan Maxi Rodja yang pernah bermain di PSKK sehingga tentu tahu karakteristik Kota Kupang. Untuk itu mereka ini yang patut diwaspadai. Namun tidak ada pengawalan khusus bagi mereka. Pada pemain hanya diinstruksikan untuk selalu mewaspadai pergerakan mereka. Karena lengah sedikit saja mereka dapat dengan leluasa mengobrak-abrik pertahanan. Prinsip Kota Kupang, kata Dando adalah jka main baik maka tentu akan ada hasilnya.

Persematim Manggarai Timur yang merpaka juara di pul C merupakan tim yang tidak boleh dianggap remeh. Sejumlah pemain seperti Deky Kadja, Artus Karpitang, Maxi Roja tidak boleh dipandang remeh pergerakan mereka. Pengalaman yang mereka miliki tentu akan dimaksimalkan untuk mengobrak-abrik pertahaan lawan. Melihat penampilan-penampilan mereka di baba penyisihan grup yang pantang menyerah tentu mereka adalah tim yang patut diperhitungkan.

Tidak ada komentar: