10 September 2009

Jelang Hut Flores Pos, Panitia Gelar Aneka Kegiatan

* Senin Gelar Lomba Gambar dan Mewarnai
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Menyongsong perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-10 Harian Umum Flores Pos pada 9 September mendatang, telah dipersiapkan berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan untuk turut memeriahkan perayaan hari ulang tahun dimaksud. Panitia telah merencanakan menggelar sejumlah kegiatan diantaranya lomba menggambar dan mewarnai untuk siswa-siswi sekolah dasar kelas 1-3 dan lomba mewarnai untuk anak Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kota Ende. Hingga Sabtu, telah terdaftar lebih kurang 200 peserta untuk mengikuti lomba menggambar dan mewarnai. Selain lomba ini, panitia juga mengelar talks show pada Selasa (8/9) dan pada acara puncak akan dilaksanakan misa syukur. Semua kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Redaksi Flores Pos, Jalan El Tari Ende.

Pemimpin Perusahaan HU Flores Pos dan juga Ketua Panitia HUT ke-10 HU Flores Pos, Pater Charles Beraf, SVD dalam komperensi pers di ruang redaksi Flores Pos, Sabtu (5/9) mengatakan, menyongsong perayaan HUT ke-10 Flores Pos, sengaja diadakan sejumlah kegiatan dengan dua alasan mendasar yakni alasan internal dan eksternal. Alasan internal berkaitan dengan sejarah media di mana dalam konteks Nusa Tenggara sejak tahun 1925 SVD sudah terlibat dalam penerbitan media dengan media pertamanya yakni Bintang Timur. Namun media ini kemudian mati dan memunculkan media yang baru yakni Bentara. Dari Bentara lahir kembali Anak Bentara yang juga mati dan kemudian lahir Dian. Dalam perjalanan Dian muncul majalah anak Kunang-Kunang dan Ruah Kita. Dan sebelum Dian mati, telah melahirkan pula Flores Pos pada 9 September 1999 yang dirayakan berdirinya pada 9 September nanti.

Momen HUT ke-10 ini, kata Pater Charles merupakan momen refleksi dan melihat sejarah media umumnya dan apa jejak Flores Pos dan bagaimana ke depannya. “Jangan sampai nasib sama dengan media-media yang ditangani sebelumnya. Itu sangat disayangkan.” Sedangkan untuk internal Flores Pos sendiri, katanya, momen ulang tahun ini mau berbuat apa. Perayaan 10 tahun di saat pemerintah sedang gencar-gencarnya menggiatkan pangan lokal. Untuk itu, momen perayaan ini memiliki dua tujuan yakni membantu mensosialisasikan dan mengadvokasi untuk mendengar pendapat dan mencari format partisipasi masyarakat seperti apa.

Dijelaskan, untuk menyongsong HUT, panitia juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti lomba menggambar dan mewarnai yang digelar pada Senin (7/9). Lomba ini melibatkan anak SD kelas 1-3 dan anak TK. Lomba ini bertujuan mengajak anak-anak sejak dini dilibatkan dalam kegiatan kreatif dan disandingkan denganpers. Pada tanggal 8 September, kata Pater Charles, digelar pula talks show yang menhadirkan lima pembicara yakni Bupati Ende, Don Bosco Wangge, Don Bosco Do, Pemimpin Redaksi HU Flores Pos, Frans Anggal, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT dan Direktur FIRD, Roni So. Pada acara puncak 9 September diisi dengan misa syukur yang menurut rencana dipimpin oleh Uskup Agung Ende, Mgr. Vincensius Poto Kota. Talk Show yang digelar nanti mengangkat tema Peran Pers Lokal dalam Memasyarakatkan Gerakan Pangan Lokal.

Untuk pengembangan Flores Pos ke depan, lanjut Pater Charles, dalam momentum ini dilakukan pula pertemuan umum seluruh karyawan Flores Pos baik redaksi maupun bisnis untuk membahas segala hal terkait keberadaan Flores Pos. Dalam rangkaian kegiatan HUT ini, akan pula digelar pentas teater anak loper dengan koordinator Pater Lorens Olanama, SVD. Pentas ini tidak saja dalam rangka HUT tetapi juga untuk mengenang 100 hari meninggalnya WS Rendra.

Koordinator Seksi Lomba Menggambar dan Mewarnai, Petronela Mada pada saat rapat pemantapan mengatakan, untuk peserta lomba sudah cukup banyak. Antusias peserta lomba cukup tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang terdaftar. Hingga Sabtu, sudah lebih kurang 200 peserta lomba mewarnai dari sejumlah Taman Kanak-Kanak yang telah terdaftar. Bahkan masih juga ada peserta yang datang mendaftarkan diri. “Pendaftaran kita tutup Minggu (6/9).” Terkait kesiapan pelaksanaan lomba, panitia sudah mempersiapkan segala sesuatunya baik tim juri maupun tema gambar yang akan digunakan pada saat lomba.




Tidak ada komentar: