10 September 2009

Gaby Ema Pimpin Pemuda Katolik Cabang Ende

* Segera Gelar Mapenta dan LKTD
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Setelah melalui proses Musyawarah Cabang Pemuda katolik Komisariat Daerah NTT Cabang Ende, Gabriel Dalla Ema akhirnya terpilih menjadi Ketua Pemuda katolik Cabang Ende periode 2009-2012. Gaby ema berhasil mengungguli kandidat lainnya John Pella dengan raihan suara yang cukup signifikan yakni 19 berbanding lima. Terpilihnya Gaby Ema ini untuk menggantikan Abraham badu yang telah berakhir masa jabatannya pada tahun 2008 lalu.

Gaby Ema kepada Flores Pos, Minggu (6/9) mengatakan, dengan kepercayaan forum Muscab yang telah memilihnya menjadi ketua, ke depan dia akan berupaya menjalankan amanat organisasi yang telah digariskan di dalam Angaran Dasar/Angaran Rumah tangga (AD/ART) Pemuda Katolik. Selain itu, sebagai ketua, dia akan terlebih dahulu berkonsolidasi dengan semua jajaran pengurus baik di tingkat cabang maupun di tingkat komisariat yang ada di 25 paroki yang terdapat di wilayah Kevikepan Ende.

Selain itu, kata Ema, langkah konkrit yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah melakukan pembenahan organisasi baik di tignkat cabang maupun yang ada di tingkat bawah yakni di paroki-paroki. Untuk menjaga eksistensi Pemuda Katolik dalam waktu dekat juga akan diselenggarakan masa penerimaan anggota baru (Mapenta) dan latihan kepemimpinan tingkat dasar (LKTD). ”Ini program prioritas dalam waktu dekat.” pelaksanaan Mapenta dan LKTD, kata dia menurut rencana baru digelar setelah selesai pelaksanaan pekan mudika di Wolotopo.

Dikatakan, setelah terpilih memimpin Pemuda Katolik, kepengurusan akan segera dibentuk dan pelantikan akan dilaksanakan di gereja Katedral dalam suatu perayaan ekaristi. Jika telah dilantik maka segala rencana kegiatan baru mulai dilaksanakan. Dia berharap, seluruh pengurus dan anggota Pemuda Katolik dapat aktif bersama untuk menunjang seluruh program yang dijadwalkan. Tanpa dukungan jajaran pengurus dan seluruh anggota, kata Ema jelas sebagai ketua dia tidak dapat berbuat apa-apa.

Ketua Panitia Muscab Pemuda Katolik, Cornelis Wenggo sebelumnya mengatakan, kepengurusan yang baru terpilih diharapkan mampu menjalankan roda organisasi. Koordinasi harus mampu dijalankan baik dengan jajaran kepengurusan di tignkat kabupaten maupun di tignkat komisariat yang ada di paroki-paroki. ”Jangan sampai kerja keras kami panitia dalam proses Muscab ini tidak bermanfaat apa-apa kalau akhirnya kepengurusan tidak bisa berbuat apa-apa.” Dikatakan pula, kepengurusan yang baru terbentuk juga diharapkan mampu mengemban amanat organisasi dan menjalankan segala seauatu sesuai dengan AD/ART Pemuda Katolik.

Terpenting bagi Wenggo adalah kepengurusan yang terbentuk nanti mampu menjalin kerja sama dengan seluruh jajaran kepengurusan yang ada juga apra anggota. Selain itu, kepengurusan yang terbentuk bisa menjalankan roda organisasi agar tidak vakum.

Dalam proses Muscab, setelah melalui pembahasan yang cukup alot, forum akhirnya melakukan pemilihan terhadap dua orang kandidat masing-masing Gabriel Dala Ema dan John Pella. Dari proses pemilihan ini, Gaby Ema mampu meraih 19 suara sedsangkan john Pella hanya mampu meraih lima suara. Dengan perolehan suara terbanyak, maka Gaby Ema ditetapkan menjadi ketua terpilih periode 2009-2012 berdasarkan hasil Muscab II Pemuda Katolik Komisariat Daerah NTT Cabang Ende.



Tidak ada komentar: