03 Juli 2011

Wabub Mochdar Kukuhkan PengurusPramuka Wanabakti

· * Ajak Pengurus Kerja Tulus Tanpa Pamrih

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Wakil Bupati Ende, Haji Achmad Mochdar selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabuepaten Ende melantik dan mengukuhkan pengurus Satuan Karya Pramuka Wanabakti Ende masa bhakti 2011-2016.

Pengkuhan pengurus dilangsungkan di aula Balai Taman Nasional Kelimutu, Jalan El Tari, Senin (27/6). Wabub Mochdar dalam sambutannya mengatakan, peristiwa pengkuhan sangat pentng karena bermakna strategis dan menentukan dalam seluruh kerangka pembinaan dan pengembangan generasi muda. Wadah Satuan Karya Pramuka ini diharapkan dapat menjadi wadah pembinaan yang potensial dalam membina dan mengembangkan watak dan kepribadia generasi muda.

Kesediaan dilantik menjadi pengurus, lanjut Wabub Mochdar merupakan salah satu bentuk komitmen moral untuk meningkatkan mutu Gerakan Pramuka di daerah ini pada tahun yang akan dating.

Dikatakan, mencermati isi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan isi AD/ART Gerakan Pramuka, ada beberapa ketentuan yang mengikat serta menjadi tugas dan tanggungjawab antara lain ditegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan kepanduan kepada anak dan pemuda Indonesia ditugaskan kepada perkumpulan Gerakan Pramuka. Ini menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga.

Dalam mewujudkan tanggungjawab tersebut, kata Wabub Mochdar, dibentuklah dibentuklah di setiap jajaran dari tingkatan nasional sampai keranting yaitu di tingkat kecamatan, suatu badan yang dinamakan Satuan Karya Pramuka. Ini merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman pramuka penegak dan pramuka pendega dalam berbagai bidang keilmuan. Serta memotifasi untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga member bekal bagi hidup dan kehidupan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara.

Dikatakan, ada empat fungsi yangmelekat dalam tugas pokok Satuan Karya (Saka) Pramuka yakni satuan karya yang berfungsi sebagai wadah pendidikan dan pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan. Sarana melaksanakan kegiatan nyata dan produktif. Sarana melaksanakan bakti kepada masyarakat, bangsa dan Negara dan sarana mencapai tujuan pendidkan dan pembinaan Gerakan Pramuka.

“Sebagai wakil bupati, saya akan terus menunjukan komitmen saya terhadap setiap upaya pembinaan Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Ende dengan mendorong seluruh anggota Majelis Pembimbing Cabang dan Majelis Pembimbing Satuan Karya memberikan perhatian terhadap pembinaan pramuka sesuai kapasitas masing-masing,” katanya. Selanjutnya berupaya membuat kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada upaya meningkatkan pembinaan Gerakan Pramuka.

Kepada Ketua Majelis Pembimbing Saka dan pengurus ang baru dilantik, Wabub Mochdar minta melakukan upaya demi meningkatkan mutu Gerakan Pramuka di wilayah ini, minimal dapat mengalokasikan dana yang cukup signifikan bagi upaya pembinaan Saka Pramuka. Senatiasa menggelorakan semangat Gerakan Pramuka untuk menjadi [i]satuan ini dah menjadi pelopor dan pengerak setiap upaya pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Komposisi Kepengurusan yang dilantik, Ketua, Lele Yosep, Wakil Ketua, Sri Mulyani, Sekretaris Agustinus Krisdijantoro, Wakil Sekretaris Pegu Paschalis, Bendahara Fidelis Un Bete. Pamong Saka, Thomas Babo dan Martha Pati, Instruktur Saka Suwantoro, R S Hutidwan Fauzi, Toni Wuryanto, Theodorus Nim Tefa.



Tidak ada komentar: