03 Juli 2011

Ende Dapat 13 Dokter PTT

· * Tahun ini Kirim Dua Dokter Ambil Spesialisasi

Oleh Hieronimus Batokilia

Ende, Flores Pos

Tahun 2011 ini, Kabupaten Ende mendapatkan alokasi 13 orang dokter pegawai tidak tetap (PTT). Ke-13 dokter PTT ini ditempatkan di sejumlah Puskesmas yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Hal itu dikatakan Bupati Ende, Don Bosco M Wangge di ruang kerjanya, Jumad (24/6). Bupati Don Wangge mengatakan, dengan mendapatkan tambahan 13 dokter PTT ini maka saat ini rata-rata di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Ende dilayani oleh dua orang dokter.

Don wangge mengatakan, keberadaan dokter PTT ini dikontrak selama masa kerja dua tahun. Mereka ditempatkan di Puskesmas Kelimutu, Wolowaru, Lio Timur, Wolojita, Kota Baru dan Ende Selatan.

Ende, katanya masih sangat membutuhkan tenaga dokter untuk melayani masyarakat. Keberadaan dokter PTT ini diharapkan mampu memberkan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat demi menjamin derajat kesehatan masyarakat.

Pemerintah pada tahun 2011 ini, kata Don Wangge mengirim dua orang dokter untuk mengambil program spesialisasi. Dua dokter ini, kata dia sudah menyatakan kesedian mereka untuk tetap mengabdi seumurhidup mereka di Kabupaten Ende.

Untuk program spesialisasi di bidang kedokteran ini, lanjutnya, saat ini pemerintah sudah membangun kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar dan Universitas Indonesia. Sedangkan Universitas Gajahmana sedang dilakukan penjajakan. Dia berharap penjajakan kerjasama itu dapat berhasil sehingga memudahkan para dokter dari Ende mengambil spesialisasinya.

Pemerintah dalam upayatup

msasaat ini, meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kata Don Wangge juga sedang bekerjasama dengan Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Dari kerjasama ini, lanjutnya, dilakukan pertukaran petugas medis dari Ende untuk magang di RS Panti Rapih dan petugas medis dari Panti Rapih bertugas di Ende. Dia berharap, dari kerjasama yang telah dibangun ini sedikit tidak mampu meningkatkan standar mutu pelayanan kesehatan di RSUD Ende seperti yang ada di RS Panti Rapih.”Saya inginkan pola kerja di RSUD Ende seperti yang ada di Panti Rapih,” kata Don Wangge.

Tidak ada komentar: