13 Februari 2016

Jefri Tinggalkan Daniel Gandeng Herman

Hiero Bokilia

PERUBAHAN angin pada Pemilu Wali Kota (Pilwalkot) Kupang bertiup kencang dan semakin tak jelas. Jika sebelumnya beredar kabar Jefri Riwu Kore (Jeriko) akan menggandeng Ketua DPD PKB Kota Kupang Daniel Hurek sebagai wakilnya, kini Jeriko melirik orang lain.

Jeriko yang disebut-sebut sejak dua tahun lalu gencar bersosialisasi akan berpasangan dengan Daniel Hurek yang juga mantan Wakil Wali Kota Kupang periode 2007-2012 itu, ternyata banting stir dan mengarahkan pandangan kepada Herman Man.

Informasi yang dihimpun VN menyebutkan, Jeriko dan Herman Man telah mantap untuk maju bersama menantang Jonas Salean. Pasangan kombinasi yunior-senior itu dilaporkan juga telah memiliki tagline paket yaitu "Paket Firman". 

Bahkan di sosial media (facebook), para simpatisan dan pendukung Jeriko dan Herman Man sudah berani memposting foto-foto keduanya dalam satu paket bernama Paket Firman.

Hingga berita ini naik cetak, baik Jeriko maupun Herman Man, belum berhasil dikonfirmasi. Dihubungi ke ponselnya masing-masing, semalam, ponselnya tidak aktif.

Sementara itu, Ketua DPD PKB Kota Kupang Daniel Hurek kepada VN, Senin (8/2) menjelaskan, proses dan langkah politik PKB ke arah menentukan calon pemimpin, akan melalui survei internal partai Maret mendatang.

PKB ingin berkoalisi untuk memenangkan Pilwalkot, tetapi kemenangan tersebut tidak diraih lewat subjektivitas kader partai. "Nanti akan ada ukuran-ukuran dan dalam survei akan dilakukan untuk menghindari subjektivitas," tandasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan arahan saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB di Jakarta pekan lalu, PKB Kota Kupang didorong untuk berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon yang akan maju dalam suksesi Pilwalkot 2017 mendatang.

Calon pemimpin yang akan diusung oleh PKB bersama partai koalisi adalah calon pemimpin yang mampu mendorong daya saing rakyat dan berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing menuju era globalisasi.

Dikatakannya, calon pemimpin yang akan didorong PKB bersama koalisi partai adalah calon pemimpin yang tidak sekadar untuk memenangkan Pilwalkot. Tetapi, calon pemimpin yang didorong adalah calon pemimpin berorientasi pada peningkatan SDM yang lebih konkret dan tidak abstrak sebagai kekuatan bangsa untuk menghadapi era globalisasi.

Koalisi Jonas
Informasi lain yang berkembang di Balai Kota menyebutkan, sejumlah partai juga telah menyatakan keinginannya untuk berkoalisi mendukung Jonas Salean. Partai-partai yang telah merapat ke Jonas di antaranya PDIP, Golkar, PPP, dan PAN. Saat ini, tim sukses Jonas tengah mendekati dan melobi partai-partai kecil lainnya untuk bergabung mengusung Jonas dalam Pilwalkot mendatang.

Namun, terkait PAN yang diinformasikan telah merapat ke Jonas, Ketua DPD PAN Kota Kupang Felix Dando yang dihubungi sebelumnya mengatakan, komunikasi dengan para tim sukses paket tertentu masih sebatas komunikasi lisan. Belum ada komunikasi secara tertulis. Sehingga, ia menganggap komunikasi demikian masih bersifat pribadi.

PAN baru akan melaksanakan rapat internal untuk membahas Pilwalkot pada pertengahan Februari ini, termasuk untuk membahas mekanisme survei yang akan dilakukan untuk menentukan calon yang akan diusung PAN.

Saat ini, pengurus di tingkat kecamatan telah diminta untuk memperhatikan dan mencermati fenomena politik yang ada yang nantinya dapat dibawa dalam rapat partai.

Tidak ada komentar: