06 September 2010

Pemerintah Ajukan Dana Penanggulangan Bencana Alam Rp70 Miliar

* Anita Gah Pantau Langsung Daerah Bencana

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Pemerintah Kabupaten Ende melalui Dinas Pekerjaan Umum telah mengajukan proposal kepada pemerintah pusat terkait penanggulangan bencana alam di kabupaten Ende. Besaran dana yang diajukan untuk penanganan bencana sebesar Rp70 miliar. Hal itu karena sejak tahun 1988, Kabupaten Ende tidak pernah mendapatkan alokasi dana penanganan bencana alam.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ende, Yos Mario Lanamana saat ditemui di Hotel Grand Wisata, Kamis (12/8). Kadis Yos Lanamana mengatakan, selama ini dana alokasi khusus yang dialokasikan pemerintah pusat tidak untuk penanganan bencana tetapi lebih banyak untuk penangaan daerah irigasi. Karena itu, kata dia, mengingat pemerintah pusat akan mengucurkan dana bantuan penanganan bencana alam maka pemerintah daerah telah mengajukan proposal ke pemerintah pusat. Besar dana yang diajukan untuk penanganan penanggulangan bencana alam sebesar Rp70 miliar.


Kehadiran anggota DPR RI, Anita Gah, harap Kadis Yos Lanamana, diharapkan mampu menjembatani harapan masyarakat dan pemerintah untuk mendapatkan kucuran dana penanggulangam bencama alam. Untuk itu, kehadiran anggota DPR RI akan turun langsung memantau lokasi-lokasi bencana alam yang membutuhkan penangananan penagulangan.


Anggota DPR RI, Anita Gah dari Komisi VIII mengatakan, kunjungan ke Ende dalam rangka reses dan ingin melihat dari dekat lokasi-lokasi bencana alam yang butuh penanganan. Hal itu agar dapat disinkronkan dengan proposal yang telah diajukan pemerintah. Sebagai anggota DPR dari Komisi VIII sangat erat akitan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Departemen Sosial karena itu dalam kunjungan kali ini dia lebih fokus pada bencana alam.


Menurutnya, bencana alkam tidak pernah diharapkan terjadi namun kejadian bencana selalu megnhantui manusia dan datang kapan saja tanpa ada yang tahu. Karena itu, kata Anita Gah, mengingat kejadian bencana yang datang secara tiba-tiba dan dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar maka butuh penanganan serius.

Bertepatan dengan rencana pemerintah pusat mengucurkan dana bencana alam secara bertahap dan anggarannya mau dibahas dan disetujui DPR RI, kata dia, maka ingin lihat dan verifikasi lapangan agar bisa disesuaikan dengan proposal yang diajukan. Dengan melihat kondisi lokasi bencana alam, kata dia, jelas akan ada prioritas yang bisa dilakukan sehingga dari pantauan langsung ini dapat mendorong agar dana bencana alam segera dicairkan.


Apalagi, kata Gah, Ende selama ini belum mendapatkan alokasi dana penanggulangan ebncana alam dari pemerintah pusat. Sedangkan, pemerintah telah memintanya sejak tahun 2009 lalu namun belum juga diberikan. Dia berharap, selain mendapatkan alokasi dana penanggulangan bencana alam dari APBN, ke depan, Ende juga bisa mendapatkan perhatian dari BNPByang dapat mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan bencana alam di Kabupaten Ende.

Tidak ada komentar: