30 Oktober 2010

Jelang Piala Gubernur, Perse Panggil 40 Pemain Junior

• Diseleksi Sampai Menjadi 23 Pemain
Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos
Tim Perse Ende dalam rangka mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan Piala Gubernur di Kupang mendatang, telah memanggil 40pemain untuk pemusatan latihan. Pelaksanaan latihan dibawah asuhan trio pelatih Freni Malmari, Heron Goa dan Milas ini telah dilaksanakan sejak duaminggu lalu. Dari 40 pemain yang direkrut dari berbagai sekolah dalam turnamen Bupati Ende Cup beberapa waktu lalu dan sejumlah klub di Ende ini nantinya akan dipiih 23 pemain yang dibawa untuk berlaga di ajang Piala Gubernur bulan Nopember mendatang.

Manajer Perse Ende, M Ito Pedo kepada Flores Pos di sela pelaksanaan latihan di Lapangan Pancasila, Selasa (26/10) mengatakan, tim Perse junior ini dipersiapkan untuk menghadapi pertandingan bola memperbutkan piala gubernur di Kupang Nopember mendatang. Para pemain yang dipanggil sebanyak 40 yang diseleksi saat pelaksanaan turnamen BupatiEnde Cup beberapa waktu lalu yang diselenggarakan oleh Universitas Flores. Selain diseleksi dari setiap tim dari sekolah yang ambil bagian dalam turnamen, para pemain juga direkrut dari sejumlah klub yang ada. Bahkan ada pemain yang direkrut dari Maurole untuk mengikuti pemusatan latihan.

Rata-rata pemainyang dipanggil ini, lanut Ito Pedo berusia 20 tahun atau yangkelahiran tahun 1990. Dari 40 pemain ini, setelh dilatih trio pelatih yang dipercayakan akan diseleksi menjadi 23 pemain yang akan dibawa ke laga Piala Gubernur di Kupang. Setelah pelatihan, mereka juga akan melakukan pertandingan uji coba dengan sejumlah klub seperti Asabab, Asbor dan tim Perse senior. Direncanakan juga akan dilakukan laga ujicoba dengan timPiala Gubernur dari Kabupaten Nagekeo.

Dia berharap, dukungan daripemerintah dan masyarakat Kabupaten Ende agar tim yang dilatih ini dapat memberikan yang terbaik dalam keikutsertaan di Piala Gubernur nanti. “Tapi kita tidak mau bri target kepada para pemain. Kita berharap mereka bisa bermain baik dan memberikan yang terbaik di setiap pertandingan nantinya,” kata Ito Pedo.

Heron Goa, salah sati pelatih mengatakan, melihat materi pemain yang ada dalam pemusatan pelatihan ini,dia sangat optimis mereka bisa memberikan yang terbaik bagi Ende dalam setiap pertandingan. Kepada para pemain dia telah mencoba pola baru yakni pola 4-2-3-1. Pola ini diyakini dapat diterapkan para pemain mengingatdalam beberapa sesi latihan mereka sudah mampu menerapkan pola itu, dengan pola ini, mereka dapat melakukan penyerangan secara total dan jika melakukan pertahanan juga dapat bertahan secara total dengan hanya menyisahkan satu orang penyerang.

Walau dari manajer dan pengurus tidak memberikan target apa-apa kepada pelatih dan pemain, lanjut Heron namun sebagai tim pelatih, pihaknya memasang target Perse harus masuk empat besar. “Itu target kami dari tim pelatih,” kata Heron. Target ini, katanya memang tidak mudah dicapai, namun dengan materi pemain yang dimiliki saat ini dia yakin mereka mampu memberikan yang terbaik.

Optimisme itu, kata Heron muncul belajar dari penampilan Perse dalam beberapa kali engikuti Piala Gubernur dan ajang Pordafta. Untuk Flores, Perse junior sudah banyak memberikan kontribusi terutama di ajang Pordafta baik di Larantuka, Ruteng dan terakhir di Pordafta Maumere. Sedangkan di Piala Gubernur, Perse junir juga pernah memberikan yang terbaik di mana pernah menadi juara dua dalam turnamen ini.

Karena itu, dukungan dariberbagai pihak terutamapemerintah dan masyarakat sangatdiharapkan agar tim besutannya bersama Milas dan Malmari ini bisa berbuat banyak di laga bulan Nopember di Kupang nanti.

Tidak ada komentar: