30 Oktober 2010

Peringati Sumpah Pemuda, Alumni Ndao Gelar Talk Show

• Kerjasama dengan RRI dan BRI Ende
Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos
Alumni SMP Ndao angkatan 1989 menggelar talk show kerjasama dengan RRI Ended an BRI Cabang Ende. Talk show tersebut digelar dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda thun 2010.

Demikian ketua Panitia Talk Show, V Maximus Mary kepada Flores Pos, Selasa (26/10). Dikatakan, sumpah pemuda yang tiap tahun dirayakan pada 28 Oktober merupakan hari keramat bagi Bangsa Indonesia. Namun, saat ini peringatan hari yang sangat penting ini sudah kehilangan makna dan ‘api’ atau jiwa revolusionernya. Padahal, sumpah pemuda merupaan salah satu landasan kebangkitan nasional Indonesia.

Diakuinya, ketika api perpecahan, permusuhan mulai Nampak membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa, seperti penyerangan kerangka nasionalisme. “Semoga transformasi nilai sumpah pemuda dalam makna positif dapat membawa bangsa ini menjadi lebih baik,” kata Maxi Mary.

Dikatakan, dalam momentum bersejarah memepringati hari sumpah pemuda ke-82, generasi muda Kabupaten Ende dari berbagai latar pekerjaan, pendidikan, suku dan agama serta daam kesetaraan gender didorong untuk memaknai hari bersejarah ini. Pemuda berupaya untuk menjadikan diri sebagai pion perubahan pembangunan di Kabupaten Ende. Peran aktual, kata Mary hendaknya diwujudkan dalam meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan, komitmen moral yang baik juga dituntut peningkatan SDM yang disiplin, mandiri dan prfesional denan penguasaan keterampilan dan Iptek.

Maxi Mary mengatakan, talk show ini mengambil tema pemuda pion perubahan, langkah strategs dan kebijakan terobosan untuk Kabupaten Ende yang lebih baik. Kgiaan ini, lanjutnya bertujuan untuk memaknai sumpah pemuda dengan membangkitkan rasa kebangsaan, rasa persatuan dan kesatuan bangsa agar semakin kokoh dan kuat. Memupuk jiwa patriotism bangsa, menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanahnair. Juga untk membangkitkan semangat generasimuda Indonesia mempunyai visi yang jelas ke depan untukmenyaipakn generasi muda bangsa di masa dating.

Dalam politik dan ekonomi, lanjutnya, pemerintah diharapkan dapat mnunjukan visi yang kuat dan ersepsi yang sama dalam peneraan asas keadilan ekonomi dalam pembangunan yang merupakan dasar kokohnya nasionalisme. Menempakan pemuda pada posisi strategis dengan segala potensinya sebagai pion perubahan pembangunan di Kabupaten Ende.

Sekretaris Panitia Talk Show, Joice Ratu Taga menjelaskan, kegiatan talk showini digela oleh alumni SMPK Ndao angkatan 1989 bekerjasama dengan RRI Ended an BRI Cabang Ende. Kegiatan ini juga didukung penuh Pemerintah Kabupaten Ende.

Dijelaskannya, kegiatan talk show digelar pada kamis (28/10) bertempat di studi RRI Ende. Dalam talk show ini, kata Joice, akan menampilkan sejumlah pembicara diantaranya, Bupati Ende, Don Bosco M Wangge, Ketua PMKRI Cabang Ende. Pembicara lainnya yakni Ketua STPM St Ursula Ende, Yulita Eme, Ketua OSIS SMUK Frateran Ndao dan Romo Reginald Piperno.

Tidak ada komentar: