30 Oktober 2010

PLN Cabang FBB Berlakukan Sistem Layanan 345

• Bantu Mayarakat Selesaikan Pengaduan dengan Cepat
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
PT PLN Cabang Flores Bagian Barat (FBB) mulai memberlakukan sistem layanan 345. Layanan ini dimaksudkan untuk melayani setiap pengaduan masyarakat pelanggan terkait gangguan yang dialami. Dengan sistem layanan gangguan 345 maka setiap pengaduan yang dilaporkan masyarakat paling lambat tiga menit suah harus diangkat dan dijawab oleh petugas. Selanjutnya dalam waktu 45 menit sudah harus ada petugas yang mendatangi lokasi pengaduan untuk mengatasi gangguan yang dilaporkan pelanggan.


Manajer PT PLN Cabang Flores Bagian Barat, Audy R Damal kepada Flores Pos mengatakan, selama ini PLN Cabang FBB telah memberlakukan sistem layanan gangguan 123. Namun dari pantauan di lapangan, dari setiap pengaduan yang dilaporkan masyarakat pelanggan, masih lambat dalam ditangapi petugas pengaduan dan gangguan.


Karena itu, lanjutnya, PLN Cabang FBB kembali membuka sistem layanan gangguan 345. Sistem layanan gangguan 345 ini maksunya setiap pelanggan yang menghubungi PLN mengadukan terjadinya gangguan, dalam waktu tiga menit telepon dari pelanggan sudah harus diangkat dan dijawab petugas. Sedangkan angka 45 masudnya bahwa dalam waktu 45 menit setelah pengaduan dari pelanggan, sudah ada petugas yang mendatangi lokasi untuk melayani pelangan yang melaporkan.


Setidaknya, kata dia, petugas sudah harus turun untuk mengecek laporan pengaduan itu dan jika dapat mengatasi gangguan dimaksud dapat dilakukan. Namun, jika belum dapat dilakukan maka dapat menghubungi petugas lain untuk melakukan perbaikan atas gangguan kerusakan yang terjadi.


“Sistem layanan gangguan 345 ini baru ada di PLN Cabang FBB. Saya tidak mau sehari pelanggan melapor tidak ada petugas yang datang. System ini saat dilaporkan ke pusat direspon dengan baik,” kata Audy.


Langkah yang dilakukan itu, lanjutnya merupakan komitmen PLN Cabang FBB untuk memberikan pasokan listrik kepada masyarakat dan dinikmati mayarakat. PLN juga selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


Dikatakan, dalam rangka mendukung program stu juta pelanggan yang dicanangkan PLN pusat, PLN Cabang FBB juga telah berupaya melakukan pemasangan baru bagi pelangan. Upaya yang dilakukan itu juga dalam rangka meniadakan daftar tunggu pelanggan listrik yang masih ada saat ini.


Untuk program satu juta pelanggan ini, kata Audy, Ende mendapat jatah 2.200 pelanggan. Prosedur pemasangannya, lanjut dia diupayaan agar semudah dan secepat mungkin. Langkah itu kata dia dilakukan agar seluruh masyarakat dapat menikmati listrik. Hanya saja, katanya, saat ini PLN mengalami kendala distribusi material mengingat ransportasi yang terkendala cuaca.

Tidak ada komentar: