19 Desember 2010

Bulog Ende Jamin Stok Beras Aman Selama Hari Raya

  • Stok yang Dimiliki 2.042 Ton

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Ende menjamin persediaan beras selama perayaan natal dan tahun baru. Bulog bahkan siap menggelar operasi pasar jika terjadi lonjakan harga yang signifikan dan melampaui 15 persen.

Hal itu dikatakan Kepala Bulog Sub Divre Ende, Taufik Rodja kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Rabu (15/12). Taufik Rodja mengatakan, saat ini, stok beras yang dimiliki Bulog sebanyak 2.042 ton. Stok beras yang ada ini dapat memenuhi kebutuhan hingga bulan Februari 2011. Apalagi, lanjutnya, pada bulan Februari mendatang, akan datang lagi stok yang baru.

Saat ini, lanjutnya, Bulog Ende tidak lagi mensuplai beras untuk Nagekeo dan Bajawa. Pelabuhan Marapokot sudah mampu disandari kapal dengan bobot 1000 ton sehingga kebutuhan beras mereka langsugn diturunkan di sana. Bulog Ende baru membantu suplai beras ke Nagekeo dan Bajawa jika di sana terjadi situasi yang emergensi. Karena itu, stok beras yang ada saat ini hanya untuk mencukupi kebutuhan di Ende saja.

Rodja mengatakan, jumlah beras yang ada ini selain untuk kebutuhan untuk golongan anggaran yakni jatah beras untuk PNS, TNI dan Polri, raskin juga untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga. Bulog, lanjutnya, siap menggelar operasi pasar beras kapan saja jika terjadi kenaikan harga beras kelas medium yang signifikan dan melampaui 15 persen. Namun saat ini, kata Rodja, berdasarkan laporan dari Dinas Perindag dan pantauan langsung ke pasar, harga beras medium yang banyak dikonsumsi masyarakat kelas menengah ke bawah harganya masih wajar. Belum timbul tanda-tanda gejolak harga yang tragis. Kenaikan yang terjadi masih wajar pada kisaran Rp6.000-Rp6.500 per kilogram. ”Tapi kalau nanti kenaikan melebihi 15 persen mau atau tidak kita harus gelar operasi pasar,” kata Rodja.

Tidak ada komentar: