19 Desember 2010

Hasil Verifikasi Data Tenaga Kontrak Diplenokan di Pusat

  • Data Tenaga Kontrak Kategori II

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Tim verifikasi dan falidasi data dari pusat yang tyerdiri atas Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan), Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan Badan Pemeriksa keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah selesai melakukan verifikasi dan falidasi data tenaga kopntrak di Kabupaten Ende. Hasil verifikasi dan validasi data tenaga kontrak dimaksud nantinya akan terlebih dahulu diplenokan di BKN untuk menentukan layak atau tidak tenaga kontrak masuk dalam data base.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Ende, Yoseph Ansar Rera kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (2/12). Ansar Rera mengatakan, dari 654 tenaga kontrak di Kabupaten Ende terdapat sebanyak 578 yang masuk dalam aplikasi. Data ke-578 tenaga kontrak ini yang diverifikasi dan difalidasi kembali oleh tim dari pusat.

Dalam verifikasi dan validasi data dimaksud, tim selain memeriksa kembali data tenaga kontrak, juga bertemu langsung dengan sejumlah tenaga kontrak. Hal itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti ada atau tidaknya tenaga kontrak tersebut.

Ansar Rera mengatakan, dalam melakukan verifikasi dan falidasi data tenaga kontrak, tim dari pusat tidak saja melakukan verifikasi dan falidasi terhadap tenaga kontrak yang bekerja di lingkup pemerintah kabupaten Ende, namun juga melakukan verifikasi dan validasi data tenaga kontrak di lingkup Pengadilan Negeri Ende. Sebanyak 16 tenaga kontrak lingkup PN Ende juga diverifikasi bersamaan dengan tenaga kontrak lingkup pemerintah daerah. Mereka ini, lanjutnya dititipkan oleh instansi mereka untuk diverifikasi bersamaan dengan tenaga kontrak daerah lingkup Pemda Ende. Dengan demikian, dalam verfikasi dan falidasi tdata ini terdapat sebanyak 594 tenaga kontrak yang diverifikasi dan falidasi data mereka.

Selanjutnya, kata Ansar Rera, setelah dilakukan verifikasi dan falidasi data ini, hasilnya akan dibwa ke BKN. Di sana, data tenaga kontrak yang telah diverifikasi dan difalidasi ini akan diplenokan lagi. Dari hasil pleno ini, baru diketahui layak atau tidaknya tenaga kontrak dimaksud masuk dalam data base tenaga kontrak.

Pemerintah daerah, kata Ansar Rera, selalu mengharapkan agar dari jumlah 578 tenaga kontrak yang sudah masuk aplikasi dan diverifikasi datanya itu dapat lolos dan masuk dalam data base.

Sedangkan bagi yang tidak masuk dalam aplikasi dari total 564 tenaga kontrak Pemda Ende, akan tetap dimasukan dalam data tenaga kontrak untuk pendataan tahak kedua atau kategori kedua. Pendataan tenaga kontrak kategori kedua ini, kata dia telah mulai dilakukan dan akan berakhir pada 31 Desember 2010. dalam pendataan ini, sudah banyak tenaga kontrak yang terdata terutama tenaga kontrak guru. Banyak guru yang diangkat oleh kepala sekolah dan selama ini didanai dari dana BOS.

Tidak ada komentar: