19 Desember 2010

Jamin Persediaan Barang, Dinas Gelar Pertemuan dengan Distributor

  • Antisipasi Kelangkaan dan Lonjakan Harga

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Dinas Perdagangan dan Perindustrian dalam upayanya menjaga persediaan barang kebutuhan masyarakat dan mengantisipasi terjadinya lonjakan harga menjelang hari raya natal, akan menggelar pertemuan dengan para distributor. Langkah itu perlu dilakukan mengingat pada saat-saat menjelang hari raya keagamaan, sering terjadi kelangkaan barang di pasar yang memicu terjadinya kenaikan harga yang signifikan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Yosef Woge di ruang kerjanya, Selasa (14/12). Yosef Woge mengatakan, selama ini dinas memang selalu melakukan pemantauan secara rutin baik ke toko maupun ke gudang penyimpanan barang milik para pedagang dan distributor. Langkah itu, lanjutnya, walau terkadang mendapat tantangan dari para pedagang namun dinas tetap melakukan demi menjaga ketersediaan barang kebutuhan masyarakat tetap ada di pasar. “Jangan sampai terjadi kelangkaan dulu baru kita ambil sikap,” katanya.

Dia mengakui, akhir-akhir ini memang sudah mulai dirasakan terjadi kenaikan harga barang. Namun, kenaikan yang terjadi tetap diharapkan agar tidak terlalu tinggi. Karena itu, lanjutnya, dians memandang perlu menggelar pertemuan dengan para distributor. Pertemuan dimaksud, kata dia, rencananya digelar pada Rabu (15/12). Dalam pertemuan ini, kata Woge, agenda yang dibicarakan adalah terkait persediaan barang kebutuhan masyarakat menjelang hari raya.

Dari pertemuan itu, kata Woge, setidaknya pemerintah dapat mengetahui persediaan barang kebutuhan masyarakat menejelang hari raya sehingga tidak terjadi kelangkaan pada saat hari raya. Hal itu perlu mengingat terkadang hukum pasar selalu berlaku jika barang kurang dan permintaan tinggi maka jelas harga akan naik. Namun demikian, kepada pedagang tetap dihimbau agar walaupun terjadi kenaikan harga diharapkan agar kenaikan yang terjadi tidak terlalu tajam. “Dfalam pertemuan ini kita juga himbau para pedagang untuk tidak menaikan harga yang terlalu tinggi dan secara mendadak,” kata Woge.

Selain berupaya menjamin ketersediaan dan mengantisipasi lonjakan harga, katanya, dalam pertemuan itu juga akan dihimbau kepada para pedagang dan distributor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan konsumen dalam berbelanja. Barang-barang teruama barang dalam kemasan diharapkan tetap diperhatikan agar tidak sampai menjual barang yang telah melewati batas waktu pemakaiannya. “Untuk satu hal ini, kita juga akan gelar operasi untuk mengecek dan mengantisipasi barang kedaluarsa,” kata Woge.

Tidak ada komentar: