19 Desember 2010

Poan Kemer
upacara adat di kampung lama (Leu Tuan) suku Bokilia di Kedang pada awal bulan Desember lalu megnhadirkan nuansa seremoni adat yang sakral. Dua orang molan melangsungkan acara poan kemer di tuan huna dihadoiri kerabat dan keluarga besar Bokilia.

Gambar ini menunjukan Molan Leu sedang membuat ritus di pintu masuk tuan huna, sebagai acara membuka pintu menuju tempat pelaksanaan seremoni adat poan kemer.









gambar ini menunjukan Molan Leu sedang Poan Manu, seekor ayam putih di'poam' hingga mati untuk melihat posisi kakinya.









setelah di "poan" ayam dibelah pada mulutnya dan darahnya dipercikan pada batu tempat penyelenggaraan seremoni adat yang adalah tuan huna atau rumahnya para leluhur










setelah seremoni "Poan"selesai, ayam, babi dan kambing yang dikorbankan kemudian dibakar di dalam bambu. sebelumnya ada bagian-bagian tertentu yang dipisahkan khusus untuk diberikan kepada nenek moyang yang diletakan oleh Molan di Tuan Huna. sedangkan bagian lainnya dipotong-potong dan dibagikan kepada seluruh kerabat dan keluarga yang hadir dalam seremoni adat Poan Kemer secara merata. usai pembagian, langsung disantap di lokasi Poan Kemer.

Tidak ada komentar: