15 Juni 2011

Dekatkan Diri dengan Masyarakat, Gelar BRI Peduli Pasar Rakyat

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

· Pemerintah Daerah Dukung Langkah BRI

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat dan nasabah, BRI Cabang Ende menggelar BRI peduli pasar rakyat. Kegiatan ini juga dalam rangka pembukaan Teras BRI di Pasar Mbongawani pada bulan Agustus 2011 mendatang.

Pimpinan Cabang BRI Cabang Ende, Tri Handono pada acara BRI peduli pasar rakyat di Pasar Mbongawani, Kamis (9/6) mengatakan, kegiatan BRI peduli pasar rakyat ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 6 Juni-10 Juni. Kegiatan yang dipusatkan di Pasar Mbongawani ini bertujuan untuk mendekatkan ditri kepada nasabah maupun calon nasabah yang berada di pasar juga. Kegiatan ini, lanjut Tri Handono juga bertujuan untuk mensosialisasikan produk-produk perbankan yang ada di BRI agar dapat dimanfaatkan para pedagang pasar.

Kegiatan ini, lanjutnya juga merupakan langkah penjajakan BRI dalam rencanaya membentuk Teras BRI di tengah pasar Mbongawani yang menurut rencana dioperasionalkan pada bulan Agustus mendatang. Pembukaan Teras BRI, kata Tri Handono adalah untuk mendekatkan diri dengan nasabah pedagang di pasar ehingga para pedagang tidak perlu mendatangi bank namun para petugas BRI yang mendatangi para pedagang sehingga pedagang tidak perlu meninggalkan jualannya untuk mendatangi kantor BRI.

Tri Handono mengatakan, pada akhir tahun 2010, BRI Cabang Edne telah mampu menghimpun dana dari masyarakat sebesar Rp257 miliar. Dari jumlah dana yang dihimpun dari masyarakat ini, Rp249 miliar disalurkan kembali kepada masyarakat melalui kredit. Kondisi ini menunjukan bahwa 97 persen dana masyarakat dimanfaatkan di Ende dan tidak dibawa keluar daerah.

Keberadaan BRI di Kabupaten Ende, lanjut Tri Handono telah ikut berperan aktif dalam pembangunan ekonomi. Dengan berbagai produk dan menwarkan sejumlah kemudahan dalam pelayanan dapat dimanfaatkan dengan berbagai keuntungan dan kemudahan.

Wakil Bupati Ende, Haji Achmad Mochdar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ende senantiasa mendukung program dan kegiatan yang dilakukan perbankan sebagaimana yang dilakukan BRI dengan kegiatan BRI peduli pasar rakyat. BRI, kata Wabub Mochdar telah berbuat banyak untuk masyarakat dan daerah dan hal itu harus diakui. Kehidupan ekonomi dan pembangunan kemasyarakatan juga sangat bergantung pada kegiatan perbankan.

Apalagi, kata Wabub Mochdar BRI hingga tahun 2010 sudah berhasil menghimpun Rp257 miliar dana dari masyarakat dan semuanya disalurkan kembali kepada masyarakat. Hal itu, sangat membantu masyarakat. Karena itu, masyarakat juga harus bisa memberikan dukungan kepada BRI dengan menjadi nasabah. Masyarakat, lanjutnya saat ini sudah berkreatif dalam usaha. Namun, keterbatasan dan kendala masih pada modal. Kekhawatiran selama ini adalah upaya rentenir yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi dan hal itu sangat menjerat masyarakat.

Karena itu, dengan kemudahan yang ditawarkan dengan adanya program kredit usaha rakyat (KUR) dihimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkannya. Apalagi, mulai bulan Agustus mendatang akan dibuka Teras BRI maka hendaknay dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat.

Pada kegiatan ini, pihak BRI juga menyerahkan secara simbolis kredit usaha rakyat bagi enam orang nasabah. Jenis kredit yang diberikan masing-masing KUR Ritel yang diberikan kepada Fahri Bahsuan dan Kanisius Karolus Seda, KUR Mikro kepada Endang Sri Rejeki, Elisabeth Egi dan Thamrin Umar sedangkan untuk Kupedes diberikan kepada Sulaiman Jafar.

Fahri Bahsuan, salah satu penerima KUR Ritel mengatakan, sangat berterima kasih kepada BRI yang memberikan kemudahan kredit kepada masyarakat. Sebagai penerima kredit, ini merupakan kali yang kedua. Kredit yang dia terima untuk membiayai usahanya dan sejauh ini berjalan cukup bagus baik usahanya maupun pengembalian kreditnya. Dengan penambahan modal pinjaman dari BRI ini dia berharap usahanya semakin baik di waktu mendatang.

Dikatakan, dia memilih BRI karena BRI menwarkan sejumlah kemudahan. Proses kreditnya juga tidak berbelit-belit dan sangat cepat. Apalagi, bunga yang ditawarkan juga kecil.

Tidak ada komentar: