15 Juni 2011

Workshop Mine Shet, Tingkatkan Kemampuan dan Kompetensi Aparatur Negara

· Harapkan Bisa Rumuskan Secara Tajam Sesuai Isu Strategis

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Sekretaris Daerah Ende, Yoseph Ansar Rera mengatakan, pemerintah bekerjasama dengan International Thinking Training and Consultance (ITTC) menggelar workshop mine shet dalam rangka peningkatan kemampuan dan kompetensi aparatur negara dengan menghadirkan konslutan Agus Sunaryo. Workshop ini melibatkan pejabat eselon II, III dan Bagian Program dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Ende.

Kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Selasa (31/5), Sekda Ansar Rera mengatakan, kegiatan woorkshop dimaksud dilaksanakan dengan sasaran untuk merubah pola pikir jajaran aparatur pemerintah mulai dari tahapan perumusan perencanaan sehingga perencanaan yang dibuat harus bisa dituangkan secara baik dan dianalisis secara baik.

Misalkan bupati dan wakil bupati sudah menetapkan visi dan misi maka selanjutnya dilihat strategi yang mencapai visi dan misi maka dapat dirumuskan sasaran dan indikatornya dengan benar. Di sana keterlibatan SKPD sangat dibutuhkan dan satu sasaran dapat melibatkan tidak saja satu SKPD namun bisa melibatkan sejumlah SKPD yang terkait sehingga benar-benar terkoordinasi secara baik. Dari situ, kata Ansar Rera nantinya dapat dirumuskan kebijakan program hingga pada berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan program dan tepat pada sasarannya.

Dalam woorkshop ini, kata Ansar Rera, para peserta juga diarahkan untuk membedah kembali rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Hal itu dilakukan karena ada kemungkinan dapat disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 Tahun 2001 tentang Pedoman Penyusunan RPJMD.

Kerjasama dengan ITTC, kata dia dilakukan mengingat lembaga ini telah berhasil melakukan pendampingan dan menjadi konsultan di sejumlah daerah dan kementerian. Sejumlah daerah seperti Provinsi Gorontalo, Kabupaten Gorontalo setelah memanfaatkan tenaga konsultan ITTC mengalami perkembangan yang cukup baik.

Ansar rera berharap, dari woorkshop yang dilaksanakan ini nantinya aparatur dapat merumuskan secara tajam apa yang bisa dibuat sesuai isu strategis yang berkembang. Perumusan juga lebih difokuskan pada apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sehingga dalam pelaksanaannya lebih terarah dan pembangunan dapat berjalan dengan baik demi kesejahteraan masyarakat.

Woorkshop ini, lanjutnya bukan semata untuk mendukung pelaksanaan pemerintahan saat ini namun lebih dari pada itu adalah untuk mempersiapkan aparatur dan memperkuat staf agar ke depan siapapun yang menjadi pemimpin di daerah ini aparaturnya sudah mempunyai pola pikur terbentuk. Aparaturnya sudah kuat dengan sistem perencanaan sehingga membantu pemimpin yang akan datang. “Dari sini sasaran akhirnya pembangunan masyarakat terwujud. Jadi ini bukan demi kepentingan pemimpin saat ini,” kata Ansar Rera.

Tidak ada komentar: