15 Juni 2011

Persentase Kelulusan UN SMP-MTs Naik 64,07 Persen

* 47 Sekolah Lulus 100 Persen

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Pesentase kelulusan SMP/MTs tahun ajaran 2010-2011 mengalami peningkatan tajam jika dibanding tahun ajaran 2009-2010 lalu. Tahun 2011 ini, dari jumlah peserta Ujian Nasional (UN) sebanyak 4.766 yang terdaftar dan yang ikut Un sebanyak 4.761, persentase kelulusan mencapai 95,72 persen. Padahal tahun 2010 lalu, persentase kelulusan UN SMP/MTs hanya 31,65 persen dari 3.800 siswa peserta UN. Persentase kelulusan tahun ini mengalami peningkatan dan naik mencapai 64,07 persen dibandingkan persentase kelulusan tahun ajaran sebelumnya.

Hal itu dikatakan Kepala Dians Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende, Yeremias Bore usai memimpin rapat pembagian hasil UN kepada para kepala sekolah di Kantor Dinas PPO, Jumad (3/6). Yeremias Bore mengatakan, tahun ajaran 2011 ini, terdapat sebanyak 47 sekolah yang persentase kelulusannya mencapai 100 persen. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, hanya ada satu sekolah yang mencapai persentase kelulusan 100 persen dan terdapat tiga sekolah yang nol persen. Tiga sekolah yang nol persen tahun lalu pada tahun ini mencapai angka kelulusan 100 persen.

Peningkatan persentase kelulusan ini, kata Bore terjadi karena penentuan kelulusan kali ini menghargai proses hasil belajar di mana hasil ujian sekolah juga menjadi penentu kelulusan dengan persentase 40 persen dan UN 60 persen. Selain itu, peningkatan ini juga terjadi karena adanya peningkatan akses mendapatkan pendidikan di mana rata-rata anak tamat sekolah dasar bisa sekolah di SMP termasuk yang ada di daerah terpencil. Hasil yang dicapai ini jga tidak terlepas dari kerja keras dinas dan pihak sekolah dalam melakukan bimbingan dan tryout hingga lima kali di mana tryout oleh sekolah sebanyak tiga kali dan oleh dinas sebanyak dua kali.

“Hasil ini saya rasa puas walau secara provinsi kita masih diurutan 17. Tapi kita dengan jumlah sekolah banyak tidak seperti kabupaten pemekaran yang hanya dengan tiga atau empat sekolah saja,” kata Bore.

Ke depan, kata dia, agar prestasi ini dapat dipertahankan diarahkan paling pertama adalah masalah kurikulum karena terkadang dilupakan oleh para guru. Tahun ini, kata Bore akan dilakukan reviu kurikulum agar para guru kembali memperhatikan kurikulum.

Berdasarkan hasil kelulusan yang diperoleh Flores Pos dari Dinas, nampak sejumlah sekolah faforit di dalam Kota Ende tidak mencapai persentase kelulusan 100 persen seperti SMPK Santa Ursula yang mencapai 93,14 persen, SMPK Frateran Ndao dengan persentase kelulusan 95,57 persen, SMPK maria Goreti dengan persentase kelulusan 71,04 persen. Sedangkan SMPN I Ende mencapai kelulusan 100 persen. Terdapat tiga sekolah yang tahun lalu mencapai kelulusan nol persen namun tahun ini melonjak 100 persen yakni MTs Muhamadiyah Nangapanda, SMP Swasta Tri Dharma, SMPN 3 Ndona dan SMP Kristen yang tahun lalu hanya satu persen mencapai kelulusan 100 persen.

Dari hasil UN ini, terdapat siswa yang meraih nilai tertinggi untuk empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia diraih Maria EY Mane siswi SMPK Santa Ursula dengan nilai 9,00. Mata pelajaran Baha Inggris diraih Aloysius R Mado, siswa SMPK Santa Ursula dengan nilai 9,60. Mata pelajaran Matematika diraih oleh Kristogonus Sehandi, siswa SMPN I Ende dengan nilai 10 dan mata pelajaran IPA diraih oleh Beatriks S Dhone, siswa SMPK Santa Ursula dengan nilai 9,75.

Pengumuman hasil UN SMP/MTs dijadwalkan dilaksanakan pada Sabtu (4/6) sekira pukul 10. Pantauan di sejumlah sekolah pada Jumad (3/6) para siswa kels tiga tampak mendatangi sekolah masing-masing. Di SMPN I dan SMPN 2 Ende, para siswa ke sekolah untuk mengambil undangan bagi orangtua untuk pembagian amplop pada Sabtu hari ini.

Tidak ada komentar: