15 Juni 2011

Camat Kota Baru Kukuhkan Kepengurusan IPELMANDO


<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

· Dirangkai Peluncuran Album Unsano Grup

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Camat Kota Baru Gabriel Dala mengukuhkan kepengurusan terpilih Ikatan Pelajar Mahasiswa asal Niopanda-Ndondo (IPELMANDO). Acara pengukuhan kepengurusan IPELMANDO ini dirangkaikan dengan acara peluncuran album perdana Unsano Grup.

Bertempat di aula Firdaus Nanganesa, Sabtu (4/6), kepengurusan IPELMANDO yang telah dibentuk itu dikukuhkan. Camat Kota Baru, Gabriel Dala pada kesempatan itu mengatakan, pengukuhan kepengurusan IPELMANDO ini telah menjawabi program kecamatan satu keluarga satu sarjana (1 K, 1 S).

Kehadiran sebuah organisasi, lanjut Dala, terkadang membawa berkah dan juga bisa membawa duka. Organisasi bisa membawa duka kalau terlalu serius ikut organisasi dan lupa kuliah atau lupa belajar dan akhirnya kuliah tidak selesai dan tidak tamat SMA. Tetapi kalau aktif di organisasi dan berjalan dengan baik maka bisa membawa berkah. “Banyak yang sukses adalah aktifis seperti bapak Gregorius Gago, bapak Yustinus Sani dan Vincent Sangu,” kata Dala. Dia mengatakan, orang Ndondo cukup tangguh walaupun sedikit di Kota Ende tetapi keberadaan mereka cukup tangguh.

Dala mengatakan, kehadiran IPELMANDO hanya menghimpun pelajar dan mahasiswa Niopanda Ndondo. Organisasi seperti ini seakan sudah memetakan dan memisahkan diri. Seharsnya kata dia, dibentuk organisasi pelajar mahasiswa asal Kota Baru. Namun dia tetap berharap agar kehadiran IPELMANDO nantinya bisa membawa manfaat bagi masyarakat Ndondo khususnya dan Kota Baru pada umumnya.

Penasehat IPELMANDO, Gregorius Gago pada kesempatan itu mengatakan, kehadiran para kepala desa, camat dan orangtua dalam kegiatan pengukuhan kepengurusan IPELMANDO merupakan dorongan dan suport tersendiri untuk kemajuan IPELMANDO. Dikatakan, sepanjang sejarah dari sisi pendidikanwarga dari Niopanda-Ndondo di Ende sangat sedikit dan sangat tertinggal dibanding kecamatan lain.

Tahun 2000, kata Gago IPELMANDO terbentuk dan pada saat itu keanggotaannya sangat sedikit. Namun IPELMANDO tetap jalan dan hingga tahun 2011 menunjukan perkembangan baik walau masih sedikit. Organisasi IPLEMNADO kata dia merupakan wadah berkumpul untuk menjalin komunikasi. Sebagai pelajar dan mahasiswa hindari hal-hal yang tidak berkenan. Organisasi ini untuk mendorong agar terus maju dan bisa berhsil dalam bidang pendidikan.

Kepada para anggota IPELMANDO, Gago mengingatkan agar mengutamakan studi dan harus sampai selesai agar tidak mengecewakan orangtua. Kepada mereka juga diminta untuk tekun dalam pilihan mereka agar saat kembali ke masyarakat mereka bisa berbuat sesuatu. “Jangan sampai setelah selesai kembali ke masyarakat tidak bisa buat apa-apa,” katanya.

Ketua IPELMANDO, Fabianus Laka mengatakan, keberadaan IPELMANDO sudah berjalan dan sudah melakukan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah penanaman anakan pohon di Kota Baru beberapa waktu lalu sebanyak 500 anakan. Informasi terkahir menyebutkan bahwa dari 500 anakan yang ditanam yang hidupo lebih kruang 300 anakan.

Keberadaan IPELMANDO lanjutnya sangat diharapkan bisa terus berjalan. Karena itu dia meminta kepada segenap pengurus untuk bekerjasama dan saling mendukung agar roda organisasi tetap eksis. Kepada seluruh anggota dia juga mengharapkan keaktifannya dalam setiap kegiatan organisasi demi mendukung suksesnya program kerja yang sudah ditetapkan.

Produser Unsano Grup Arminus Wuni Wasa mengatakan, kehadiran Unsano Grup dngan lagu-lagu pop daerah Ende-Lio diharapkan dapat diterima masyarakat. Album perdana ini, kata Armin bisa sukses atas kerjasama dan dukungan semua pihak baik para artis penyanyi maupun model klip yang semuanya adalah putra daerah. Suksesnya album perdana ini, kata Armin juga tidak lepas dari peran Yustinus Sani yang terus mensuport demi suksesnya album perdana Unsano Grup.

Dikatakan, setelah meluncurkan album perdana, mereka juga siap untuk kembali menggarap album kedua. Unsano Grup, kata Armin akan terus berupaya untuk eksis agar bakat-bakat anak putra daerah yang belum tersalurkan dapat dihimpun dalam wadah grup ini. Untuk album kedua nanti, lanjut Armin pihaknya akan kembali menggelorakan lagu gawi agar tidak dilupakan generasi anak daerah Ende-Lio. Untuk album kedua nanti, menurut rencana akan didukung tidak saja oleh dia dan Yustinus Sani namun akan ikut bergabung Yulius Cesar Nonga dan menurut rencana akan dilakukan rekaman di Jakarta. “Mudah-mudahan cita-cita dan harapan besar ini bisa kami wujudkan,” kata Armin.

Pada malam pengukuhan kepengurusan dan peluncuran album perdana Unsano Grup, para penyanyi yang tergabung dalam Unsano Grup menampilkan sejumlah hits mereka yang terdapat dalam album perdana mereka.

Tidak ada komentar: