15 Juni 2011

Satpol Air Polres Ende Resmi Dioperasikan

· Diresmikan Bersama Satpol Air Polres Manggarai

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Satuan Kepolisian Air (Satpol Air) Polres Ende resmi mulai beroperasi setelah diresmikan oleh Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) NTT, Brigjen Yoris Yance Worang. Pengresmian Satpol Air Polres Ende ini dilakukan bersamaan dengan Satpol Air Polres Manggarai.

Kapolda NTT, Brigjen Yoris Yance Worang pada kesempatan pengresmian, Kamis (9/6) mengatakan, perairan di wilayah NTT sering dihadapkan dengan tindakan-tindakan kejahatan di perairan yang menjadi wilayah kerja Polres setempat. Pengoperasian Satpol Air Polres Ende dan Manggarai ini merupakan bukti nyata upaya menanggulangi ancaman kejahatan yang sering terjadi di perairan. Ini juga merupakan upaya Polri dalam memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di perairan Polres masing-masing.

Langkah yang dilakukan itu juga merupakan perwujudan tugas Polri memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan rasa aman, nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari-hari agar dapat berjalan lebih baik. Situasi kemanan dan ketertiban masyarakat, lanjutnya masih diwarnai ancaman antara lain penangkapan ikan menggunakan bom, ilegal fishing dan pencemaran laut di periran Indonesia yang mencemarkan nama baik Indonesia di mata Internasional.

Semua itu, lanjutnya harus dihadapi satpol Air dan membawa beban berat dalam tugas guna memelihara keamanan danketertiban masyarakat sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Polres Ende dan Polres Manggarai, kata dia dengan pengoperasian satpol Air ini diharapkan agar pelayanan kepolisian semakin meningkat dan memaksimalkan satuan ini agar situasi tetap aman dan kondusif. “Tunjukan bahwa kehadiran satuan ini berdampak positif,” katanya.

Dia berharap, dukungan seluruh masyarakat agar Satpol Air baik di Ende dan Manggarai dapat menjalankan tugas dengan baik dan dapat meningkatkan tugas operasionalnya. “Saya yakin masyarakat tidak memandang pada siapa anggota Polri tetapi pandang partisipasinya untuk institusi Polri yang bantu penegakan hukum dan pengatyoman untuk menjaga situasi kamtibmas,” kata Yoris Yance Worang.

Pengresmian Satpol Air Polres Ende dan Ngada ditandai dengan pembukaan selubung papan nama Satpol Air Polres Ende disaksikan Wakil Bupati Ende, Haji Acmhad Mochdar, Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Frans Thomas, Kepala Kejaksaan Negeri Ende, Asiadi, Kapolres Ende, AKBP Darmawan Sunarko. Usai penarikan selubung, kapolda menandatangani prasasti dan menggunting pita kantor satpol Air Polres Ende di kompleks Pelabuhan Ipi.

Tidak ada komentar: