21 Maret 2010

Balitbang Programkan Dua Kegiatan Penelitian

* Dukung Kinerja Bupati dan Wakil Bupati

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Kendati dalam waktu dekat ini akan kembali bergabung di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), namun Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Ende telah memrogramkan dua kegiatan penelitian. Dua penelitian yang telah disetujui yakni penelitian dampak sosial rencana eksplorasi panas bumi Sokoria di Ndona Timur dan penelitian menyangkut pemanfaatan saluran irigasi untuk pengolahan sawah tadah hujan di Maurole dalam rangka mendukung gerakan swasembada pangan 2012.


Hal itu dikatakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Ende, Muslim Rauf kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Rabu (24/2). Muslim Rauf mengatakan, secara de facto, Balitbang memang sudah tidak ada dengan adanya revisi atas Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2008. namun secara de jure Balitbang masih ada karena baru digabungkan ke Bappeda pada April mendatang.


Dikatakan, keberadaan Balitbang ini dalam rangka mendukung bupati dan wakil bupati di mana Balitbang melakukan sejumlah penelitian dan hasilnya menjadi masukan bagi bupati dan wakil bupati. Namun demikina, diakui bahwa selama tahun 2009 Balitbang belum melakukan penelitian. Hal itu karena masih mempersiapkan sumber daya manusia dengan melakukan sejumlah studi banding baik ke Bali maupun ke LIPI Jakarta. Langkah studi banding ke Lipi, kata Rauf untuk mencari tahu langkah-langkah merekrut PNS menjadi tenaga peneliti.


Namun untuk kegiatan penelitian, sudah ada dua rencana penelitian yang telah mendapat persetujuan dan sudah dianggarkan dalam APBD 2010. Dua rencana penelitian tersebut yakni dampak sosial rencana eksplorasi panas bumi Sokoria di Ndona Timur dan penelitian menyangkut pemanfaatan saluran irigasi untuk pengolahan sawah tadah hujan di Maurole. Untuk penelitian pemanfaatan saluran irigasi di Maurole ini, lanjutnya adalah langkah Balitbang dalam rangka mendukung gerakan swasembada pangan 2012 yang dicanangkan Bupati Don Bosco M Wangge dan Wakil Bupati Achmad Mochdar.


Dikatakan, kendati nantinya Balitbang akan menjadi salah satu bidang di Bappeda, namun dia berharap, dua rencana penelitian yang telah disetujui dan telah dianggarkan di APBD 2010 ini dapat direalisasikan pelaksanaannya. Untuk pelaksanaannya, kata Rauf, mengingat sejauh ini belum sempat direkrut peneliti dari kalangan PNS maka penelitian dapat dilakukan bekerja sama dengan Universitas Flores.


Dia juga berharap, ke depan dapat direkrut PNS menjadi peneliti dalam setiap tahun anggaran. Langkah itu menurutnya perlu dilakukan agar peran Litbang dapat lebih optimal dalam mendukung kinerja pemerintah.




Tidak ada komentar: