21 Maret 2010

Yohana Mole Mati Bunuh Diri di Danau Kelimutu

* Kekurangan Tali, Evakuasi Dihentikan Sementara

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Yohana Veroinika Mole (33) warga Tanalodu Bajawa yang tinggal di Jalan Melati Ende meninggal bunuh diri di Danau Kelimutu pada kawah berwarna merah atau ‘ata polo’ yang saat ini warnanya telah berubah menjadi hijau tua. Korban bunuh diri sekitar pukul 11.45 pada Sabtu (27/2). Evakuasi korban coba dilakukan pada Minggu (28/2) namun belum berhasil mengangkat jasad korban. Evakuasi terpaksa dihentikan karena tim SAR dari Maumere mengalami kendala kekurangan tali. Evakuasi baru dilanjutkan pada Senin (1/3) sambil menunggu tambahan tali.

Kepala Kepolisian Resor Ende, AKBD Bambang Sugiarto kepada Flores Pos, Minggu (28/2) mengatakan, korban adalah warga Jalan Piere Tendean, Kelurahan Tanalodu Kabupaten Bajawa. Alamat di Ende di Jalan Melati di asrama Olangari.

Dikatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap ibu korban Yuliana Mo’i Mole (61) korban sudah 10 tahun terakhir ini sakit. Sejak sebuan lalu korban menyatakan keinginan untuk mengunjungi Danau Kelimutu. Saat berkunjung ke dana itu, korban akhirnya bunuh diri di danau warna Merah yang saat ini telah berubah warnanya menjadi hijau tua. Selain memeriksa ibu korban, polisi juga sudah memeriksa paman korban dan petugas Taman Nasional Kemilutu (TNK).

Dikatakan, dari hasil pemeriksaan awal ini, diketahui bahwa korban bersama rombongan sebanyak lima orang mengunjungi Danau Kelimutu. Keinginan korban berkunjung ke danau sudah diutarakan sejak sebulan yang lalu kepada ibunya.

Jasad korban, kata Sugiarto telah dilakukan upaya evakuasi. Namun upaya evakuasi pada Minggu (28/2) oleh Tim SAR dari Maumere belum berhasil mengangkat jasad korban. Tim SAR mengalami kekurangan tali sepanjang lebih kurang 300 meter. Untuk itu, kata Sugiarto, upaya evakuasi korban terpaksa dihentikan sementara sambil menunggu tali didatangkan. “Evakuasi dilanjutkan besok (Senin) karena tunggu tambahan tali sepanjang 300 meter,” kata Kapolres Sugiarto.

Selain itu, kata Sugiarto, korban agak sulit dievakuasi karena posisinya berada di tebing dengan jarak ke bibir tebing lebih kurang 500 meter. Jasad korban dapat dilihat berada di bibir tebing namun tampak kecil sekali.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Ende, AKP Eko Cahyono mengatakan, terhadap kejadian meninggalnya Yohana Mole di Danau Kelimutu, polisi di Polsek Wolowaru telah memeriksa tiga orang saksi. Dari hasil pemeriksaan itu, korban meninggal jatuh ke bibir danau karena bunuh diri. Ditanya adanya sebab lain kematian korban, Eko mengatakan, korban murni meninggal karena bunuh diri.



Tidak ada komentar: