14 Juli 2010

Gudep SMAN 1 Gelar Perkemahan Pramuka

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Gugus Depan SMAN 1 Ende kembali menggelar perkemahan pramuka pelantikan calon bantara (Percaba) dan laksana gugus depan (Gudep). Lokasi bumi perkemahan di Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda dan dilaksanakan dari tanggal 16-19 Juni.


Kepala SMAN 1 Ende, Peta Amatus yang juga Ketua Majelis Pembina Gudep SMAN 1 Ende pada apel pelepasan di halaman SMAN 1 Ende, Rabu (16/6) mengatakan, pelaksanaan kegiatan perkemahan bagi gudep SMAN 1 Ende merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Dia berharap, seluruh peserta perkemahan bisa menjaga perilaku dan sikap saat berada di lokasi perkemahan. Diharapkan agar semua peserta perkemahan juga mengikuti petunjuk dan apa yang disampaikan oleh para senior dan para pembina.


Berdasarkan catatan tahun lalu saat digelar perkemahan di Wewaria, lanjut Amatus, mendapat tanggapan baik dari masyarakat. Bahkan, banyak anak Wewaria yang memilih masuk ke SMAN 1 Ende karena bangga terhadap keberadaan SMAN 1 Ende setelah melihat keterampilan dan keunggulan-keunggulan yang ditunjukan para siswa saat pelaksanaan perkemahan di Wewaria. Menurutnya, pelaksanaan perkemahan seperti itu merupakan suatu bentuk promosi secara langsung kepada masyarakat.


Selain itu, lanjutnya, pelaksanana perkemahan ini juga merupakan salah satu momen refleksi bagi SMAN 1 Ende satu tahun terakhir. Refleksi dilaukan terutama dalam kaitan dengan persentase kelulusan yang mengalami penurunan cukup jauh jika dibandingkan dengan persentase kelulusan tahun lalu. Namun demikian, lanjutnya, SMAN 1 Ende harus tetap percaya diri bahwa memiliki potensi yang bagus dan momentum reflkeksi ini dimanfaatkan untuk berbalik. Terutama bagi siswa kelas 11 yang akan naik ke kelas 12 untuk berjuang melalui belajar.


Sejalan dengan visi dan misi SMAN 1 Ende, lanjutnya, hal itu bukan mimpi tetapi harus dibangun dari sekarang. “Dengan pramuka kita bangun silaturahmi dan memperkuat persaudaraan,” kata Amatus.


Kepada para peserta perkemahan, Amatus juga mengingatkan untuk selalu setia kepada Tuhan, kepada sesama dan mencintai alam lingkungan. “Tiga pilar ini harus menjadi pijakan,” katanya.


Koordinator Pramuka Gudep SMAN 1 Ende, Rafael Bale mengatakan, kegiatan perkemahan pramuka Gudep SMAN 1 Ende dilaksanakan di Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda dan dimulai sejak Rabu (16/6) sampai Sabtu (19/6). Menurut rencana, perkemahan Gudep SMAN 1 Ende ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ende, Achmad Mochdar pada Kamis (17/6). Perkemahan pramuka Gudep SMAN 1 Ende juga akan diisi dengan aneka kegiatan. Kegiatan inti pramuka dan diisi kegiatan lain seperti hiburan malam, kolaborasi dengan masyarakat dalam kegiatan bhakti sosial dan pertandingan persahabatan.


Perkemahan pramuka Gudep SMAN 1 ini diikuti sebanyak 637 orang terdiri atas Kamabigus (1), kakak pembina (4), kakak pendamping (30), calon penegak bantara (337) dan penegak laksana (300).


Dikatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memantapkan mentalitas dan mempertajam kemampuan keterampilan serta sikap perilakui setiap aggota pramuka Gudep SMAN 1 Ende untuk dapat hidup mandiri. “Singkatnya bahwa percaba Gudep SMANa 2010 ini dilaksanakan untuk mewujudkan roh Trisatya dan Dharma Pramuka yang disimpulkan dalam visi SMA Negeri 1 Ende yaitu unggul dalam prestasi berlandaskan iman dan perilaku terpuji,” kata Rafael Bale.

Tidak ada komentar: