30 Juni 2008

Warga Antusias Terima Dana PKH

· Pastikan Selesai Dibagikan Hari Ini
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Warga masyarakat di empat kecamatan dalam Kota Ende yakni Kecamatan Ende Selatan, Ende Utara, Ende Timur dan Ende Tengah antusias datang ke Kantor Pos Indonesia guna menerima dana bantuan dalam program keluarga harapan (PKH) bagi rumah tangga sangat miskin (RTSM) untuk tahun 2008. pembagian pada hari pertama ini melipti tiga wilayah masing-masing Kota Ende, Kotabaru dan maurole.
Pantauan Flores Pos, sejak pagi warga sudah berbondong-bondong ke Kantor Pos Indonesia di Jalan Yos Soedarso. Namun kehadiran warga itu tidak terlalu banyak dibandingkan pembagian pada awal pelaksanaan program ini tahun 2007 lalu. Kali ini warga hanya membludak di pagi hari sedangkan di atas pukul 10.00 warga sudah mulai berkurang dan datang tidak secara bergerombolan lagi. Warga juga semakin mengetahui prosedur pengambilan dana tidak lagi berdesak-desakan seperti penyaluran dana tahun lalu. Usai menerima kartu PKH dan membubuhkan tandatangan pada daftar yang ada pada petugas, mereka secara tertib menuju ke loket pembayaran yang sudah diatur per kecamatan.
Salah seorang RTSM penerima dana PKH, Ratnawati Yusuf, warga Kelurahan Rukun Lima Kecamatan Ende Selatan kepada Flores Pos usai menerima dana PKH mengatakan, sekarang ini tidak antri panjang seperti dulu lagi. Warga yang datang mengambil pada hari pertama ini tidak terlalu banyak sehingga tidak berdesak-desakan. Dia katakan, dana yang diberikan kendatipun tidak terlalu besar namun sudah sangat membantu mereka membiayai empat anaknya yang sedang bersekolah dan satu anaknya yang masih balita. Empat anaknya yang sekolah masing-masing satu orang mau masuk SMP, satunya lagi naik ke kelas dua SMP dan satunya lagi masuk kelas tiga SMP. Sedangkan anaknya yang satu lagi akan memasuki sekolah dasar tahun ini.
Dana yang ada, kata Ratnawati telah dimanfaatkan secara baik untuk membiayai anaknya sekolah seperti membeli buku-buku dan membeli pakaian seragam anak. “Satu anak dapat buku empat pak. Belum lagi beli pakaian seragam.” Dana yang didapat sebesar Rp733 ribu tahap pertama ini, kata dia memang terasa masih kurang mengingat saat ini harga buku dan pakaian seragam naik semua. Namun, kata dia, dana yang diterima itu akan tetap dimanfaatkan sebaik mungkin dan diupayakan agar tetap dimanfaatkan sesuai ketentuan yakni untuk membiayai sekolah anak-anak. Apalagi, kata dia, untuk mendaftar anak yang mau masuk sekolah baru membutuhkan biaya yang cukup besar juga untuk membeli seragam sekolah.
Tetapi dia mengakui, dana bantuan yang diterima sudah sangat membantu mereka mengingat sebagai ibu rumah tangga tanpa penghasilan. Suaminya hanya seorang penjual ayam di pasar Mbongawani dengan pegnhasilan pas-pasan dapat mereka manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan harian. Sedangkan bantuan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan untuk membiayai sekolah anak-anak.
Kepala Dinas Sosial, Don Bosco M. Wangge saat memantau langsung kegiatan pembagian dana bantuan PKH di Kantor Pos Indonesia mengatakan, pembagian pada hari pertama yang melip[uti tiga kecamatan itu diharapkan dapat diselesaikan pada waktunya. Dia yakin, degan kerja sama yang dibangun pembagian bisa selesai tepat waktu. Namun kepada RTSM penerima PKH yang pada hari yang dijadwalkan ini belum sempat datang menerima uangnya masih diberikan waktu untuk mengambilnya pada hari lain.
Don Wange berharap, dana yang telah diterima itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai peruntukannya mengingat pemanfaatan dana tahun 2007 ada yang tidak sesuai peruntukannya. Dia berharap, untuk tahun ini setiap pencairan dana tahap kedua harus diminta dari RTSM penerima bukti-bukti pemanfaatan dana agar benar-benar sesuai dengan peruntukanya.
Dikatakan, selama ini memang pemerintah kesulitan dalam pengawasan terkait pemanfaatan dana tersebut mengingat setelah dana itu diterima maka sepenuhnya menjadi hak warga atau RTSM penerima. Pemerintah tidak dapat mengintervensi terlalu jauh terkait pemanfaatan dana tersebut sehinga mengakibatkan pemanfaatannya sulit diawasi.

Tidak ada komentar: