26 Agustus 2009

Pemda Ende Dukung Sepenuhnya Pelaksanaan Divisi III di Ende

* PSSI Laksanakan Kalau Didukung Pemerintah Daerah

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Pemerintah Kabupaten Ende menyatakan dukungan penuhnya atas penetapan Kabupaten Ende menjadi tuan rumah pelaksanaan pertandingan Divisi III Nasional. Pemkab Ende juga menyatakan dukungannya kepada Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI Kabupaten Ende dalam menyelenggarakan pertandingan tersebut.


Hal itu dikatakan Wakil Bupati Ende, Achmad Mochdar saat ditemui di Gedung DPRD Ende, Sabtu (8/8). Wabub Mochdar mengatakan, perhelatan pertandingan Divisi III Nasional merupakan kegiatan PSSI sehingga apa yang dilakukan baik Pengda PSSI Provinsi NTT maupun Pengcab PSSI Kabupaten Ende didukung penuh pemerintah.


Ditanya adanya alokasi anggaran dari pemerintah untuk mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan ini, Wabub Mochdar mengatakan dana sepenuhnya dari Pengda PSSI NTT. Pemda, lanjut Wabub Mochdar hanya mendukung sepenuhnya saja sejauh kemampuan keuangan daerah. Apalagi, katanya, tidak ada alokasi anggaran yang khusus diplotkan untuk perlaksanaan kegiatan ini. Sejauh ini juga belum ada pembicaraan terkait dukungan dana dari pemeritnah daerah. Namun menyinggung pembiayaan untuk setiap tim yang datang, lanjut Wabub lagi, seluruh pembiayaan tim ditanggung masing-masing mereka. Pemerintah atau tuan rumah hanya menyediakan fasilitas pendukung seperti penginapan dan transportasi. “Prinsipnya sebagai tuan rumah kita berikan pelayanan terbaik bagi tamu yang datang.”


Menyinggung soal adanya konflik internal di tubuh Perse Ende, Wabub Mochdar mengatakan, pemerintah telah memfasilitasi penyelesaian. Namun jika masih ada hal-hal yang menganjal pemerintah akan selalu pembantu menyelesaikannya. Pemerintah berupaya memeprtemukan PSSI dan Perse karena bagaimanapun keduanya adalah aset Ende. Keduanya diarahkan untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi sehinga apa yang kelauar sudah satu kata dan satu bahasa.


Ketua Harian Pencab PSSI Kabupaten Ende, Janto Dharmawan di ruang kerjanya, Senin (10/8) saat ditanya sejauh mana kesiapan Pengcab PSSI menghadapi pelaksanaan pertandingan Divisi III Nasional mengatakan, sejauh ini belum ada persiapan yang dilakukan. Namun, kata Dharmawan, jika pemerintah telah menyatakan kesanggupan untuk membantu Pengcab PSSI dalam menyelenggarakan pertandingan dimaksud maka tentu saja PSSI mampu melaksanakannya.


Hanya saja dia mengatakan, kesiapan dari sisi fasilitas lapangan masih banyak yang perlu dibenahi. Hal itu mengingat kondisi lapangan yang ada di Ende saat ini sangat memprihatinkan untuk menggelar pertandingan sekelas Divisi III Nasional. Kondisi itu karena di Stadion Marilonga saja tidak memiliki pagar pembatas yang dapat menjamin keamanan para pemain saat bertanding. Selain itu, lapangan tidak ada rumput yang bisa menunjang pertandingan di lapangan. Karena menurutnya, bagaimanapun penampilan lapangan yang disiapkan untuk mengelar pertandingan merupakan representatif dari pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ende. Sedangkan soal pemain yang mewakili Ende di ajang ini, kata dia tidak begitu sulit karena pemain-pemain dapat memanfaatkan pemain yang akan direkrut untuk mengikuti ajang Pordafta di Sikka dan piala Gubernur nanti.




Tidak ada komentar: