26 Agustus 2009

PSSI Panggil 35 Pemain untuk Diseleksi Mengikuti Pordafta

* Akan Diseleksi Sampai tertinggal 18 Pemain

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Dalam rangka melakukan persiapan menghadapi ajang Pekan Olahraga Daratan Flores-Lembata (Pordafta) 2009 di Sikka September mendatang, Pengurus Cabang PSSI Kabupaten Ende telah memanggil 35 orang pemain untuk diseleksi. Dari 35 pemain yang dipanggil itu, akan diseleksi oleh tim pelatih yang telah ditunjuk untuk kemudian akan ditetapkan 18 orang pemain yang akan dibawa ke Sikka.


Ketua Harian Pengcab PSSI Kabupaten Ende, Janto Dharmawan kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Senin lalu mengatakan, untuk persiapan pemain yang akan mengikuti pertandingan di Pordafta Sikka September mendatang, PSSI telah memanggil 35 pemain dari setiap klub yang ada di Kabupaten Ende. Pemain-pemain yang dipanggil rata-rata berusia 21 tahun ke bawah. Para pemain yang telah dipanggil ini nantinya akan menjalani proses seleksi yang dilakukan oleh tim pelatih yang telah ditunjuk.


Dikatakan, tim pelatih yang ditunjuk menangani tim bolakaki dari kabupaten Ende untuk emngikuti ajang Pordafta adalah emil Sadipun selaku pelatih kepala, asisten pelatih, Dominggus Renggi dan Rizal Ambuwaru. Kepada tim pelatih yang telah ditunjuk diberikan kewenangan penuh untuk menentukan 18 pemain yang akan dibawa ke Sikka nanti. Dikatakan, soal siapa-siapa pemain yang akan dibawa tentunya tim pelatih lebih tahu karena mereka lebih memahami situasi di lapangan. Dengan demikian, mereka lebih menguasai dan mengetahui pemain mana yang perlu dibawa sesuai kebutuhan.


Ditanya target PSSI untuk tim bolakaki yang akan bermain di ajang Pordafta, Dharmawan mengatakan saat ini baru dilakukan pemanggilan pemain. Terlalu dini kalau membicarakan soal target. Apalagi menurutnya, target yang diberikan justru akan membebani para pemain dan tim pelatih. Sehingga dia tidak mamu memberikan target apapun agar para pemain dapat bermain lepas dan tidak dibebani dengan target yang diberikan. “Terlalu dini omong soal target. Kita tidak pasang target takutnya nanti membebani para pemain.”


Asisten Pelatih, Dominggus Renggi mengatakan, pemanggilan baru dilakukan dan ke-35 pemain yang dipanggil tersebut diharapkan bisa hadir pada Kamis 13 Agustus nanti di Stadion Marilonga untuk latihan pertama. Dikatakan, dari 35 pemain yang dipanggil tersebut akan menjalai proses seleksi. Seleksi akan dilakukan secara ketat hinga nantinya hanya menyisahkan 18 orang pemain. Dia mengakui, seharusnya jumlah pemain yang dibawa paling kurang 20 orang namun oleh pihak KONI diminta agar dipertimbangkan lagi jumlahnya menjadi 18 pemain. Jika hanya membawa 18 orang pemain, kondisi itu sangat riskan mengingat dalam setiap pertandingan kendati tidak diharapkan namun bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera.


Namun karena diberikan batas jumlah pemain yang bisa dibawa hanya sebanyak 18 orang maka tim pelatih akan melakukan seleksi secara ketat untuk menetapkan 18 pemain yang akan dibawa ke Sikka September mendatang. Dari jumlah itu, pemain yang akan dibawa terdiri atas 16 pemain belakang, tengah dan striker dan dua orang penjaga gawang.




Tidak ada komentar: