19 Oktober 2010

Dua Warga Ende Timur Menderita DBD

  • Dirawat di RSUD Ende

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Dua orang warga Kecamatan Edne Timur diidentifikasi menderita demam berdarah dengue (DBD). Keduanya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende. Puskesmas Rewarangga dan Dinas Kesehatan langsung berkoordinasi untuk melakukan penanganan yakni dengan melakukan foging di dua lokasi tempat penderita DBD tinggal.

Hal itu dikatakan Kepala Puskesmas Rewarangga, Bernadus Nolo kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Kamis (7/10). Bernadus Nolo mengatakan, penderita DBD yang teridentifikasi itu masing-masing Frederikus Ande Renggo (4) tinggal di RT Manunggo B. Frederikus, lanjutnya dirawat sejak 28 Sepetmber lalu di RSUD Ende. Sedangkan Kristian Julianto Jagi Uka (12) yang tinggal di RT Watuwisa Kelurahan Rewarangga Selatan dirawat sejak 30 September. “Kondisi terakhir mereka seperti apa saya kurang pantau,” kata Bernadus Nolo.

Diakuinya, dua kasus yang terjadi itu merupakan kasus baru sepanjang tahun 2010 ini.

Setelah tahu adanya penderita DBD di wilayahnya, lanjut Nolo, dia langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Setelah dilakukan koordinasi, petugas dari Dinas Kesehatan langsung turun ke lokasi DBD untuk melakukan foging. Foging telah dilakukan pada tanggal 4 dan 5 Oktober di dua lokasi yang ada pasien DBD itu.

Selain melakukan foging, kata Nolo, petugas juga melakukan sosialisasi. Kepada masyarakat disampaikan untuk selalu melaksanakan program 3 M yakni membersihkan tempat air secara rutin, menutup semua tempat penampung air agar tidak menjadi tempat pembiakan nyamuk DBD dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air. Kepada masyarakat juga disampaikan untuk selalu menggunakan kelambu. “Kita juga senantiasa sarankan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat,” kata Nolo. Editor : Syarif Lamabelawa

Tidak ada komentar: