17 Oktober 2010

109 Jamaah Calon Haji Asal Ende Bertolak Ke Surabaya

· * Diberangkatkan dalam Dua Penerbangan

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Sebanyak 109 jamaah ccalon haji dari Kabupaten Ende diberangkatkan menuju Surabaya. Jamaah calon haji asal Ende ini akan bergabung dengan embarkasi Mojokerto Jawa Timur. Keberangkatan jamaah calon haji ini dilakukan dalam dua kali penerbangan. Penerbangan pertama menggunakan pesawat Avia Star membawa sebanyak 80 jamaah calon haji. Sedangkan pada penerbangan kedua membawa sebanyak 29 jamaah calon haji.

Pantauan Flores Pos di Masjid Darul Yaqin Mbongawani, Senin (11/10), para jamaah calon haji diantar oleh sanak keluaga, sahabat dan saudara seiman. Sebelum diberangkatkan ke Bandara Haji Hasan Aroeboesman terlebih dahulu dilakukan doa keberangkaan yang dipimpin Imam Masjid Darul Yaqin Mongawani, Abdulrahman H Pua Djongo. Usai doa, sebanyak 59 jamaah calon haji ini lalu diantar menuju bandara.

Para jamah calon haji dari Masjid Darul Yaqin Mbongawani kemudian bergabung dengan jamaah calon haji dari Masjid A Rabita Kota Ratu sebanyak 21 orang. Menggunakan bus yang telah disiapkan mereka langsung masuk ke bandara dan menuju tangga pesawat.

Di tangga pesawat telah menunggu Haji Achmad Mochdar, Wakil Bupati Ende yang juga Ketua Umum Pembrangkatan dan Penjempuan Jamaah Haji Ende didampingi Wakil Ketua DPRD Ende, Haji M Liga Anwar dan Abdul Kadir Hasan.

Haji Achmad Mochdar usai pelepasan mengatakan kepada para jamaah calon haji yang dibsemuamendoakan agar para jamaah calon haji yang diberangkatkan diharapkan doa dari semua pihak agar mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan baik. Selama menjalankan ibadah haji mereka senantiasa dilindungi Allah SWT.

Menjalankan ibadah, lanjutnya juga membutuhkan energy yang baik, kesehatan yang baik dan memanfatkan waktu dengan baik. Selama di sna mereka harus dadah haembalimenjaanjutnya di hajiyang mabur. Menjalankan ibadah bergabung dengan dua juta lebih umat yang ada dan dalam manasik haji sudah diberikan arahan agar menjaga kesehatan dan jamaah calon haji senantiasa memanfaatkan waktu yang ada calon hajyaengan baik.

Dia berharap, setelah menjalankan ibang ini, jamaah haji nantinya bias kembali ke ah puasa ah dilepascalonhaji tanah air dank e Ende dengnjdi haji yang mambrur.

Abdurahman Aroeboesman, Ketua MUI Kabupaten Ende yang juga jamaah calon haji mengatakan, keberangkaan dia bersama jamaah calon haji lainnya ini adalah untuk menjalankan rukun Islam kelima dan merupakan keridhoan dari Allah. Dia berharap, setelah menjalankan ibadah ini nantinya dapat menjadi haji yang mambrur serta mampu meningkatkan kualitas hidup dalam membangun bangsa dan negara.

Dia mengharapkan dukungan doa dari sanak keluarga dan dari sesame umat beragama bagi semua mereka yang ke tanah suci Mekkah ibadah haji. Dikatakan, di Mekkah, mereka juga senantiasa akan mendoakan agar Ende Lio tetap sare pawe suai harapan dan ke depan selalu mendapatkan berkat dari Tuhan.

Haji A Djamal Humris, Koordinator Pemberangkatan Jamaah Haji Masjid Darul Yaqin Mbongawani mengatakan, jumlah jamaah tahun ini mengalami peningkatan yang cukup besar dibandingkan tahun lalu. Kondisi ini katanya menunjukan adanya peningkatan taraf hidup dan tingkat ekonomi masyarakat di Kabupaten Ende. Peningkatan ini juga menjadi motifasi bagi umat lainnya untuk bias menjalankan ibadah haji.

Haji M Liga Anwar mengatakan, saat ini pelayanan terhadap para jamaah semakin baik. Pemerintah dan panitia diharapkan terus melakukan pembenahan. Hal itu perlu agar dapat menjamin kenyamanan para jamaah selama menjalankan ibadah haji.

Dikataka, para jamaah ini saat tiba di Kupang akan dijemput keluaga besar Ende yang ada di Kupang. Selanjutnya nanti saat tiba di Surabaya juga akan dijemput keluaga besar Ende di sana. Mereka ini kemudisn diberangkatkan ke Mojokerto untuk bergabung dengan jamaah calon hai lainnya di sana.

Menurutnya, melihat peningkatan jamaah dari tahun ke tahun, sudah waktunya NTT diperjuagkan menjadi titik embarkasi dan diberangkatkan dalam kloter tersendiri. Selama ini jamaah dari NTT harus digabungkan dengan daerah lain sehingga terkadang tidak berada dalam satu rombongan.

Tidak ada komentar: