19 Oktober 2010

Partai Hanura Terus Lakukan Konsolidasi

  • DPC Mulai Persiapkan Pelaksanaan Muscab

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura NTT, Jimy Sianto mengatakan, setelah dipercaya memimpin DPD Hanura NTT, agenda utama yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah melakukan konsolidasi partai mulai dari tingkat DPD, DPC hingga ke tingkat ranting. Kondolidasi yang dilakukan dengan menggelar musyawarah cabang (Muscab) di setiap kabupaten.

Jimy Sianto kepada Flores Pos di Hotel Grand Wisata, Rabu (6/10) mengatakan, pelaksanaan muscab di setiap kabupaten dijadwalkan paling lambat sudah tuntas pada akhir tahun 2010 ini dan diharapkan bulan Nopember semua DPC telah menggelar muscab.

Dikatakan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura telah menginstruksikan agar muscab harus sudah dilaksanakan dalam tahun ini. Dia mengakui, pelaksanaan muscab di NTT agak terlambat mengingat pada bulan Agustus lalu masih dalam bulan puasa. Karena itu, tidak dilaksanakan muscab dmi menjaga situasi yang aman dan tenang demi menghargai sesama yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Saat ini, lanjutnya, seluruh DPC telah melakukan persiapan-persiapan. Khusus untuk wilayah Flores, akan dimulai dari Mangarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur. Tiga kabupaten ini diharapkan pelaksanaannya berurutan dan direncanakan pada tanggal 27, 28 dan 29 Oktober mendatang. Setelah tiga kabupaten ini menyusul kabupaten lainnya di Flores yang saat ini telah melakukan persiapan. “Semua pengurus sudah bentuk panitia muscab dan tinggal dimantapkan saja,” kata Sianto.

Ke depan, lanjutnya, Partai Hanura akan bekerja keras untuk mempersiapkan diri mengikuti pemilu legislatif 2014. Menghadapi pemilu legislatif mendatang, kata Sianto, memang cukup berat bagi Partai Hanura untuk mempertahankan jumlah kursi yang sudah dicapai saat ini. Namun, partai tetap menargetkan untuk dapat menambah jumlah kursi di leghislatif dan paling tidak memiliki fraksi sendiri di legislatif. Pada pemilu 2009 lalu, katanya, Partai Hanura telah meraih kursi yang cukup signifikan. Bahkan, telah menempatkan enam wakilnya menduduki kursi pimpinan Dewan yakni di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Nagekeo, Kabupaten Kupang, TTU dan Belu. Dari 20 kabupaten yang ada, lanjutnya, hanya dua kabupaten yang tidak ada wakilnya di legislatif yakni Alor dan Sumba Barat.

“Jadi kita menargetkan pemilu mendatang setiap kabupaten harus punya wakil di Dewan dan yang sudah ada di tingkatkan ke mempunyai fraksi sendiri,” kata Sianto yang juga Ketua Fraksi Hanura di DPRD NTT ini.

Melihat semangat pengurus yang ada di setiap kabupaten, Sianto katakan hal itu akan sangat membantu peningkatan perolehan kursai di pemilu mendatang. Tinggal saja, bagaimana anggota yang sudah duduk di legislatif menunjukan performanya dan memperjuangkan aspirasi yang masuk. Demikian juga pengurus partai harus selalu berada di tengah masyarakat untuk mendengar langsung aspirasi mereka dan dilanjutkan ke wakil partai yang ada di legislatif.

Ketua DPC Partai Hanura Ende, Galdino Rayrego mengatakan, sebagai partai yang memiliki satu orang wakil di DPRD Ende, dia tetap memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri baik di lembaga Dewan maupunn di masyarakat. Partai, kata dia tidak mengintervensi sepanjang tetap sejalan dengan visi dan misi partai. Hal itu karena apapun performa yang ditampilkan akan berdampak pada pencitraan diri secara pribdai dan partai secara umum. “Apapun yang mereka tampilkan masyarakat yang menilai. Kalau tidak perjangkan aspirasi masyarakat akan berdampak pada diri sendiri dan partai,” kata Galdino.

Terkait rencana pelaksanaan muscab, Galdino katakan, pengurus telah mempersiapkan diri untuk melaksanakan muscab. Dia merencanakan, bulan Nopember ini muscab sudah dapat dilaksanakan. Untuk itu, sebelum pembentukan panitia, pengurus akan terlebih dahulu menggelar rapat internal terlebih dahulu baru menentukan jadwal pasti pelaksanaan muscab.

Tidak ada komentar: