22 April 2010

Sukseskan Pelaksanaan Sensuns, BPS Latih Petugas Pencacahan

* Rekrut 980 Petugas Pencacah

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Dalam upaya Badan Pusat Statistik mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk 2010, BPS melakukan pelatihan kepada koordinator tim dan petugas pencacahan. Pelatihan digelar sejak 6-21 April mengambil lokasi di lima hotel. Pelatihan dilakukan dalam lima gelombang untuk 40 kelas dan dalam sati gelombang delapan kelas.


Hal itu dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Ende, Agustinus Liat Pehan kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Rabu (7/4). Liat Pehan mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan sensus penduduk 2010 ini, BPS telah merekrut 980 petugas pencacah. Para petugas ini direkrut dari desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Ende. Setelah direkrut, para petugas dan koordinator tim diberikan pelatihan. Para petugas pencacah ini kemudian dikembalikan untuk bertugas di desa/kelurahan asal masing-masing.


Dijelaskan, dalam pelaksanaan sensus nanti, kerjanya dalam bentuk tim. Setiap desa/kelurahan akan ditempatkan 3-5 petugas dilihat dari kepadatan penduduk atau blog sensus. Jika ada daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang rendah maka hanya akan ditempatkan tiga orang petugas. Namun bagi daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi maka akan ditempatkan 4-5 petugas. Langkah itu, kata Liat Pehan dilakukan demi pemerataan beban kerja mengingat para petugas menerima honor yang sama yakni sebesar Rp2,5 juta per bulan ditambah biaya transportasi.


Guna mendukung suksesnya pelaksanaan sensus, lanjut dia, BPS juga telah melakukan sosialisasi. Sosialisasi dimaksud telah dilakukan di 19 kecamatan dan tersisa satu kecamatan yakni Kecamatan Kelimutu. ”Kita tetap upayakan agar dalam bulan April ini bisa gelar sosialisasi di sana,” kata Liat Pehan.


Dikatakan, pelaksanaan sensus penduduk akan dimulai pada 1-31 Mei 2010. Dia berharap, dengan batas waktu satu bulan yang diberikan untuk pelaksanaan sensus pelaksanaannya dapat berhasil dan bisa selesai tepat pada waktu. Untuk itu dia megnharapkan peran aktif masyarakat dalam membantu suksesnya pelaksanaan sensu penduduk kali ini. Masyarakat juga diminta memberikan informasi dan data yang akurat kepada petugas mengingat dalam kegiatan ini hanya sekali dilakukan pendataan.


Sementara bagi warga yang belum sempat didata, diaharapkan proaktif melaporkan kepada ketua RT setempat agar dapat didata oleh petugas. ”Buka pintulah bagi petugas kami,” katanya. Dalam pendataan ini, BPS juga melibatkan para ketua RT di setiap wilayah. Peran para ketua RT adalah membantu menunjukan batas RT dibawah penguasaan mereka dan membantu mengantar petugas ke setiap rumah yang hendak disensus karena para ketua RT lebih mengenal warga di RT mereka masing-masing.




Tidak ada komentar: