20 April 2010

Liga Anwar Kantongi SK Karteker DPC PKB Kabupaten Ende

* Jalankan Roda Organisasi dan Persiapkan Muscab

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

M Liga Anwar yang saat ini sedang menjabat Wakil Ketua DPRD Ende mendapat kepercayaan dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) untuk menjabat sebnag karteker Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Ende. Sebagai ketua karteker, Liga Anwar bersama jajaran pengurus diberikan mandat menjalankan roda organisasi yang selama ini dinilai kurang berjalan baik. Pengurus juga diberikan mandat untuk membentuk jajaran pengurus nak cabang (PAC) di setiap kecamatan dan mempersiapkan pelaksanaan musyawarah cabang (Muscab) PKB Kabupaten Ende.


M Liga Anwar kepada Flores Pos di ruang kerjanyas, Sabtu (20/3) mengatakan, surat keputusan DPP PKB mengeluarkan SK karteker merujuk pada l rapat pleno Dewan Pimpinan Wilayah PKB Provinsi NTT yang memandang bahwa DPC PKB selama ini berjalan kurang kondusif. Untuk itu dipandang perlu untuk dilakukan restrukturisasi kepengurusan. Hal itu termuat dalam surat usulan DPW PKB NTT saat mengusulkan ke DPP PKB di Jakarta.


Setelah mencermati usulan DPW PKB NTT itu, kata Anwar, DPP akhirnya mengelkauyrkan SK karteker pada 20 Februari lalu. Dalam SK karteker itu, lanjutnya, dirinya ditunjuk sebagai Ketua Dewan Tanfidz dan Yulius Cesar Nonga sebagai Sekretaris Dewan Tanfidz. Selain itu, untuk mengakomodir para pengurus lama yang selama ini sudah bekerja untuk partai, mereka juga diakomodir. Nikolaus Mira diangkat sebagai Ketyua Dewan Syura sedangkan Baltasar Sayetua sebagai Sekretaris Dewan Syura. Masa berlaku kepengurusan sesuai SK karteker ini, lanjut Anwar hingga terbentuknya kepengurusan baru hasil Muscab.


Kepada para pengurus yang sudah diberikan kepercayaan ini, lanjut Anwar, diberikan tugas untuk menjalankan administrasi partai, membentuk PAC di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Ende dan mempersiapkan pelaksanaan musyawarah cabang. Terhadap tugas yang diberikan ini, lanjut Anwar, langkah awal yang dilakuka adalah melakukan konsolidasi partai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat bawah. Selanjutnya berupaya turun ke stiap kecamatan untuk membentuk PAC. Selain itu, jajran pengurus yang ada akan berupaya menjalankan administrasi partai sambil mempersiapkan pelaksanaan muscab. “Untuk muscab kita sudah jadwalkan pada pertengahan bulan April nanti,” kata Anwar.


Dia berharap, dalam waktu dekat upaya membentuk PAC di 20 kecamatan dapat terlaksana dengan baik. Langkah itu memang dipandang perlu guna mendukung jalannya roda organisasi dan mendukung pencapaian target di pemilu legislatif 2014 mendatang. Anwar berkomitmen, jika pada pemilu legislatif 2014 nanti dari setiap daerah pemilihan harus memiliki satu kursi di dewan dan paling kurang, PKB mampu meraih empat kursi di DPRD Ende.


Dia juga mengharapkan dukungan dari jajaran pengurus partai baik yang masih aktif maupun yang saat ini tidak aktif lagi dalam mendukung kebertadaan dan eksistensi PKB diwaktu-waktu mendatang. Menurutnya, ada sejumlah sesepuh PKB yang saat ini tidak lagi berkecimpung di PKB namun mereka semua telah memiliki jasa dalam membesarkan PKB di Ende. Untuk itu dia selalu berharap mereka tetap memberikan perhatian dan masukan bagi kejayaan PKB di Ende.


Pada kesempatan itu, Anwar juga mengatakan, pada akhir bulan April mendatang, DPW PKB NTT juga akan melaksanakan musyawarah wilayah (muswil). Musyawarah wilayah ini menurut rencana akan diselenggarakan di Ende. Terkait penunjukan Ende sebagai tuan rumah pelaksanaan Muswil PKB ini, jajaran pengurus DPC PKB Ende menyatakan kesiapan untuk menyelenggarakan dan mensukseskan muswil dimaksud.




Tidak ada komentar: