18 Maret 2009

80 Peserta Ikut Ujian Akhir Keaksaraan Fungsional

* Setelah Ikuti KMB Selama Enam Bulan
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Sebanyak 80 peserta dari delapan kelompok belajar keaksaraan fungsional di Kecamatan Ndona mengikuti ujian akhir keaksaraan fungsional yang digelar dari tanggal 5-7 Maret 2009 lalu. Kegiatan pembelajaran keaksaraan fungsional ini merupakan program pendidikan luar sekolah yang diprogramkan pemerintah dalam upaya pemberantasan buta aksara dan didanai dari dana dekonsentrasi untuk tahun ajaran 2008.
Hal itu dikatakan Fortunatus Towa, Tenaga Lapangan Pendidikan Nasional Kecamatan Ndona yang juga staf pada bagian Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende kepada Flores Pos, Selasa (10/3).

Belajar Selama Enam Bulan
Dikatakan, pelaksanaan ujian akhir sudah digelar pada Kamis-Sabtu (5-7/3) bertempat di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Ndona. Pelaksanaan ujian tersebut, kata Towa, diikuti 80 peserta yang berasal dari delapan kelompok. Para peserta yang mengikuti ujian akhir keaksaraan fungsional ini merupakan peserta didik yang telah mengikuti kegiatan belajar mengajar sejak bulan Juli-Desember 2008 yang lalu.
Dalam proses belajar mengajar tersbeut, kata dia, para peserta diberikan mata pelajaran beruopa membaca, menulis, berhitung dan keterampilan atau aksi dari warga belajar. Mata pelajaran yang diberikan selama proses belajhar mengajar tersebut, juga menjadi mata pelajaran yang diujikan pada pelaksanaan ujian akhir keaksaraan fungasional.

Rp500 Ribu Per Kelompok
Dikatakan, dalam proses pembelajaran tersebut, setiap kelompok belajar diberikan pula dana sebesar Rp500 ribu setiap kelompok. Dana yang bersumber dari dana dekonsentrasi tersebut diberikan kepada kelompok belajar untuk menunjang kegiatan keterampilan atau aksi warga belajar.
Dari pelaksanaan ujian keaksaraan fungsional ini, nantinya akan diumumkan kepada para peserta. Pengumuman kelulusan peserta ujian keaksaraan fungsional ini menurut rencana baru dilaksanakan dua minggu setelah pelaksanaan ujian. Kepada para peserta yang lulus, katanya akan dinerikan ijasah.

Tidak ada komentar: