20 Maret 2009

Logistik Pemilu Legislatif Siap Didistribusikan

PDIP targetkan Tiga Kursi di Dapil Ende I
Oleh Heronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Setelah melalui proses penyortiran, logistic pemilu legislative baik berupa surat suara, formulir-formulir dan kelengkapan pemilu lainnya sudah siap untuk didistribusikan. Pendistribusian baru bisa dilakukan setelah dilakukan pengepakan logistic pemilu dan dimasukan ke dalam kotak suara sesuai jumlah TPS yang ada di kabupaten Ende.
Hal itu dikatakan anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ende, Rosario Ndai kepada Flores Pos, Jumad (13/3). Ndai mengatakan, proses pendistribusian logistic akan dilakukan paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan pemilu legislative. Namun untuk wilayah-wilayah yang sulit dijangkau sarana transportasi akan diprioritaskan. ;langkah itu diambil demi menghindari keterlmabatan tibanya logistic di lokasi TPS. Sedangkan daerah-daerah yang lancer terutama di dalam wilayah Kota Ende baru didistribusikan satu hari menjelang pelaksanaan pemilu legislatif.

Logistik Pemilu Aman
Ros Ndai mengatakan, pendistribusian logistic pemilu itu dilakukan setelah selama hampir satu minggu surat suara yang diterima KPUD telah disortir secara keseluruhan. Selain itu, kelengkapan pemilu legislative yang lain seperti tinta, dan alat contreng sertta formulir lainnya sudah diterima KPUD. Sejauh ini, kata dia, KPUD tidak mengalami kendala terkait logistic pemilu. “Semuanya sudah kita terima dan siap dipak untuk didistribusikan.”
Sementara menyangkut tempat pemungutan suara (TPS), kata Ndai, untuk pemilu legislative ini, jumlah TPS untuk Kabupaten Ende secara keseluruhan sebanyak 878. jumlah ini mengalami peningkatan jika disbanding jumlah TPS pada pemilu legislative 2004 lalu yang hanya berjumlah 766 TPS. Sedangkan untuk jumlah pemilih tetap yang telah ditetapkan oleh KPUD sebanyak 159.038 pemilih.

Caleg Diimbau Kerja Maksimal
Ketua badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Ende, Yustinus Sani kepada Flores Pos, Sabtu (15/3) mengatakan, dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi pemilu legislative 9 April mendatang, sebagai Ketua Bappilu PDIP dia telah menyelenggarakan rapat internal partai. Rapat dimaksud, kata Sani terutama menghadirkan para calon legislative yang ada di dalam wilayah pemilihan Ende I yang meliputi empat kecamatan Kota Ende yakni Ende Selatan, Ende Tengah, Ende Utara dan Ende Timur. Semua calon legislative dihadirkan dan diminta memaparkan kerja-kerja mereka dalam upaya memenangkan partai di wilayah kota.
Dari hasil pemaparan para calon, masih sangat banyak yang perlu dibenahi para calon jika ingin mencapai apa yang diharapkan seperti menyiapkan saksi di setiap TPS. Terhadap kesiapan apra calon legislative, kata Sani pada umumnya semua calon legislative di daerah pemilihan Ende I bersaing ketat meraih suara terbanyak. Namun, katanya, yang terpenting dari perjuangan semua calon adalah untuk memenangkan PDI Perjuangan dalam pelaksanaan pemilu legislative 9 April mendatang.

Targetkan Tiga Kursi
Ditanya target PDI Perjuangan, secara optimis Sani katakan, untuk wilayah Kota Ende yakni di daerah pemilihan Ende I, PDI Perjuangan memasang target yang cukup tinggi yang harus diperjuangkan oleh para calon dan kader di wilayah Kota Ende. “Untuk Kota Ende kita targetkan raih tiga kursi. Itu maksimal harus diraih.” Untuk emncapai itu, kata dia, semua calon legislative telah diinstruksikan untuk bekerja secara maksimal dan tidak saling menjatuhkan. Para calon legislative dari PDI Perjuangan, kata Sani juga telah diingatkan untuk berkampanye secara santun dan tidak saling menghina sesame calon baik di dalam partai sendiri maupun calon-calon lainnya di luar PDI Perjuangan. “Kita arahkan agar semua calon berjuang secara santun. Tidak saling menjatuhkan satu sama lain.”

Tidak ada komentar: