20 Maret 2009

Kesadaran Berlalulintas Masyarakat Ende Masih Rendah

Tertib Kalau Ada Penjagaan
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Tingginya angka kecelakaan lalulintas yang sering terjadi di Kota Ended an Kabupaten Ende pada umumnya salah satu penyebabnya karena kesadaran masyarakat Kabupaten Ende dalam mentaati peraturan berlalulintas masih cukup rendah. Biasanya masyarakat tertib dan taat berlalulintas ketika mengetahui adanya penjagaan aparat dari Satuan Lalulintas. Namun setelah tidak ada penjagaan banyak terjadi pelanggaran.
Hal itu dikatakan Kepala Satuan Lalulintas Polres Ende, Iptu Sutrisno kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Senin (16/3). Iptu Sutrisno yang baru satu minggu bertugas mengantikan AKP Yulius Ola ini mengatakan, setelah satu minggu melakukan pemantauan, diketahui bahwa kesadaran masyarakat Ende dalam berlalulintas masih rendah. Biasanya, kata dia, masyarakat taat dan tertib berlalulintas pada saat ada penjagaan dari aparat. Namun ketika tidak ada lagi penjagaan masyarakat tidak lagi tertib. “Kalau masih ada petugas yang jaga masyarakat masih pakai helm dan membonceng tidak lebih dari satu.”

Pertahankan yang Baik
Ke depan, kata Sutrisno, dia tidak memiliki program baru yang muluk-muluk tetapi dia akan melanjutkan program kerja yang sudah dirintis kasatlantas yang lalu. “Prinsipnya yang baik tetap kita pertahankan yang buruk kita tinggalkan.” Namun untuk jangka pendek ini, kata dia, mengingat bertepatan dengan persiapan pemilu legislative maka konsentrasi Satuan Lalulintas juga masih diarahkan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan pemilu.
Dalam masa kampanye, kata dia, petugas akan diarahkan untuk tetap menjaga, menertibkan dan membina jika ada terjadi pelanggaran. Dalam setiap kampanye massa peserta kampanye yang menggunakan kendaraan roda dua diarahkan untuk tetap menggunakan helm dan tidak boleh membonceng melebihi ketentuan aturan perundang-undangan. “Selama masa kampanye akan terus kita pantau, tertibkan dan lakukan pembinaan dan penindakan jika terjadi pelangaran.”
Kepada masyarakat, dia mengharapkan untuk tetap taat terhadap peraturan berlalulintas dan tidak hanya tertib saat ada petugas. Menurutnya, masyarakat juga memiliki andil dalam menciptaskan ketertiban berlalulintas.

Tidak ada komentar: