20 Maret 2009

Ketahanan Pangan di Ende Masih Baik

Belum Ada Laporan Rawan Pangan
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Hingga memasuki awal bulan Maret 2009 ini, belum satupun desa di kabupaten Ende mengalami kondisi rawan pangan. Semua desa masih memiliki ketahanan pangan yang baik. Hal itu terbukti sampai saat ini belum ada satupun laporan dari para kepala desa dan camat menyangkut keadaan rawan pangan di wilayah mereka masing-masing.
Hal itu dikatakan Kepala badan Ketahanan Pangan dan penyuluhan pertanian kabupaten Ende, Flavianus Senda beberapa waktu lalu. Senda mengatakan, ketahanan pangan di Kabupaten Ende beberapa tahun terkahir mengalami penignkatan ke arah yang lebih baik. Bahkan tahun ini, katanya, kondisi pangan masyarakat berada pada posisi yang cukup baik.

Galakan Pangan Lokal
Dikatakan, membaiknya kondisi ketahanan pangan masyarakat tersebut terjadi karena pemerintah terus melakukan upaya penggalakan pemanfaatan pangan local. Degan demikian, masyarakat tidak lagi hanya terfokus pada pangan berupa beras tetapi juga mulai beralih ke pangan local lainnya seperti jagung, umbi-umbian dan kacang-kacangan.
Senda mengatakan, 53 desa yang diidentifikasi mengalami kerawanan pangan dan sering terjadi tahun-tahun sebelumnya hingga kini masih berada pada kondisi aman. Hal itu didukung panen yang baik karena hampir di semua wilayah tidak ada laporan menyangkut gagal tanam dan gagal panen selama tahun ini.
Ditanya hujan yang terjadi akhir-akhir ini yang dikhawatirkan bisa mengakibatkan gagal panen, Senda mengatakan, curah hujan yang terjadi dalam beberapa minggu terkahir merupakan curah hujan yang wajar. Menurutnya, curah hujan seharusnya seperti itu sehingga bisa menunjang peningkatan produksi pertanian masyarakat petani. Curah hujan yang terjadi itu, kata dia lebih baik disbanding curah hujan tahun-tahun sebelumnya. “Ini curah hujan yang sangat baik. Curah hujan itu harusnya seperti yang terjadi sekarang.”

Tidak ada komentar: