18 Agustus 2010

Dewan Minta Pemerintah Beri Rekomendasi Tugas Belajar

* Kepada 14 Tenaga Medis

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Ketua DPRD Ende, Marselinus YW Petu saat memimpin rapat dengar pendapat dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ende, Rabu (21/7), meminta pemerintah untuk memberikan rekomendasi tugas belajar kepada 14 orang tenaga medis. Pemberian rekomendasi tugas belajar memang memiliki konsekwensi pada anggaran namun terkait anggaran masih dapat dibicarakan dan dianggarkan pada sidang perubahan APBD atau pada saat penetapan APBD 2011.


Menurut Marsel Petu, tugas belajar bagi seorang tenaga medis juga merupakan bagian dari pengabdian. Setelah selesai menjakani tugas belajar, tenaga medis yang telah mendapatkan peningkatan sumberdaya manusianya, dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan yang prima. Hal mana, lanjut Marsel Petu sangat erat kaitan dengan program pemerintah yakni peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.


Selain itu, katanya, dengan memberikan rekomendasi tugas belajar, tenaga medis ini bisa melaksanakan tugas belajar dan setelah selesai tugas belajar dapat dilakukan penyesuaian ijasah. Kekhawatiran para tenaga medis ini, jika tidak diberikan rekomendasi tugas belajar dari pemerintah, mereka akan mengalami kesulitan pada saat menyesuaikan ijasah setelah selesai pendidikan.


Karena itu, kata Marsel Petu, Dewan sangat mengharapkan agar pemerintah dapat mengeluarkan rekomendasi tugas belajar tersebut kepada ke-14 tenaga medis tersebut.


“Soal anggaran menjadi kemauan baik pemerintah dan Dewan untuk dapat dibicarakan pada saat sidang perubahan atau penetapan APBD 2011,” kata Marsel Petu.


Sekretaris BKD Ende, Geradus Edo mengatakan, terkait 14 tenaga medis tersebut sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Sedangkan terkait rekomendasi tugas belajar, lanjut Edo sudah diakomodasi dan akan diterbitkan rekomendasi dimaksud.

Tidak ada komentar: