22 Juli 2011

Laka Tungga di Ndito, Sebabkan Raimundus Tewas

· Laka di Wirajaya Korban Luka Parah

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Raimundus Randi (32), yang sedang melakukan perjalanan dari Maumere menuju Ende meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Ndito. Kecelakaan terjadi diduga karena Raimundus tidak mampu menguasai laju kendaraan yang dikendarainya. Kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa Raimundus itu terjadi pada saat korban dalam perjalanan dari Maumere menuju Ende menggunakan sepeda motor. Kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal.

Kapolres Ende, AKBP Darmawan Sunarko didampingi Kasubag Humas Polres Ende, Ipda Petrus Sutrisno di Mapolres Ende, Sabtu (9/7) mengatakan, berdasarkan penyelidikan polisi, kecelakaan tunggal yang menimpa Raimundus Randi berawal ketika dia mengendarai sepeda motor dalam perjalanan dari Maumere ke Ende. Memasuki kilometer 20 arah timur Kota Ende, sepeda motor yang dikendarai Raimundus diduga lepas kontrol. Akibat lepas kontrol, Raimundus terjatuh ke dalam got sedalam lebih kurang lima meter di pinggir jalan. Akibat kecelakaan itu, Raimundus mengalami luka di kepala. Kejadian diperkirakan pada Jumad (8/7) pukul 02.00 dini hari.

Korban baru ditemukan warga sekitar pada pagi hari sekitar pukul 06.00. Setelah ditemukan, warga langsung melaporkannya ke Polsek Detusoko. Polisi langsung turun ke lokasi dan mengevakuasi korban. Kejadian yang sebenarnya, kata Darmawan Sunarko tidak ada yang mengetahui secara persis. Tidak ada saksi mata mengingat kecelakaan tersebut terjadi pada dini hari. “Dugaan saya dia lepas kendali pada saat mengendarai sepeda motornya sehingga berakibat pada kecelakaan,” kata Darmawan Sunarko.

Darmawan Sunarko mengatakan, saat kecelakaan terjadi korban mengenakan helm. Dia juga memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK dan memiliki SIM. Terhadap kasus ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk memasang tanda-tanda lalu lintas di luar Kota Ende. Banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di luar kota, katanya, diduga terjadi akibat tidak ada tanda lalu lintas seperti lampu. Lokasi tempat korban kecelakaan, kata dia, memang gelap dan ada jurang. Menurutnya, di lokasi-lokasi seperti itu dipasang lampu lalu lintas yang berkedip sehinggga memudahkan pengguna jalan pada saat berkendaraan terutama pada malam hari.

Kepada masyarakat, dia minta senantiasa berhati-hati saat mengendarai kendaraan terutama saat keluar kota. Jalan di wilayah Ende dan Flores umunya memiliki banyak tikungan tajam dan jika tidak berhati-hati dapat menimbulkan kecelakaan. Kecelakaan, lanjutnya, sering terjadi karena pengendara kurang berhati-hati atau akibat faktor manusia. Namun selain karena faktor manusia, kondisi jalan yang buruk dan berlubang serta banyak tikungan dan gelap juga menjadi salahs atu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, kejadian kecelakaan lalu lintas juga terjadi di Jalan Wirajaya. Tabrakan dua sepeda motor ini mengakibatkan kedua pengendara sepeda motor luka parah dan dilarikan ke RSUD Ende. Dua unit sepeda motor yang saling bertabrakan nampak mesin bagian kanan kedua sepeda motor pecah dan menumpahkan oli di badan jalan. Aparat dari Polres Ende langsung turun ke lokasi melakukan pengukuran di lokasi kejadian.

Tidak ada komentar: