22 Juli 2011

Pengurus Kadin Ende Diminta Bekerja Secara Profesional

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Kepengurusan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Ende masa bhakti 2011-2016 yang telah dikukuhkan diminta untuk bekerja secara profesional dalam mengembangkan organisasi. Pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Kadin Ende diharapkan bersama pemerintah mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah karena pertumbuhan ekonomi akan memberikan sumbangan sangat besar pada pertumbuhan ekonomi provinsi, regional dan nasional bahkan internasional.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Kadin Provinsi NTT, A Paul Liyanto pada acara pelantikan pengurus Kadin Kabupaten Ende di lantai dua kantor bupati Ende, Senin (4/7).

Paul Liyanto mengatakan, terkait pandangan jauh ke depan dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, Kadin terpanggil untuk mendorong pegembangan investasi di daerah, provinsi, nasional bahkan internasional. Pengembangan investasi di daerah, kata Paul Liyanto harus beriringan dengan mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, mengembangkan kerjasama perkreditan dengan perbankan serta membangun jaringan kerja dengan pengusaha nasional dan bahkan internasional.

Menjawabi visi yang jauh ke depan itu, kata dia tidak dicapai hanya mengandalkan bantuan pemerintah daerah. Membangun ekonomi daerah pada hakekatnya untuk membangun dan memasuki era kebangkitan ekonomi nasional dalam kompetisi internasional.

Kadin, kata Paul Liyanto merupakan organisasi provesi dan bukan organisasi massa. Kadin harus profesional dan tidak bergantung kepada pemerintah semata tetapi, pemerintah adalah mitra Kadin yang handal. Dengan demikian, Kadin harus mampu menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran, sehinga Kadin juga berfungsi mengentaskan kemiskinan di daerah. “Maka orientasi Kadin yang selalu bergantung kepada APBD harus diubah ke arah kenadirian yang semakin kokoh,” kata Paul Liyanto.

Kepada jajaran pengurus yang baru dilantik, dia meminta untuk menyusun program kerja yang terkait dengan konsolidasi Kadin dan memperbanyak jumlah anggota dan melibatkan semua unsur organisasi profesi yang ada di daerah. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi anggota, mendorong adanya regulasi penciptaan iklim usaha yang kondusif. Juga mendorong pengembangan lembaga perkreditan pedesaan. Kepengurusan Kadin juga diminta mendorong pengembangan kelayakan usaha untuk mendapatkan kredit usaha dari perbankan serta kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk pengembangan kewirausahaan di daerah.

Ketua Kadin Kabupaten Ende, Djamal Al Hadad mengatakan, untuk dapat mewujudkan cita-cita dalam membangun masyarakat yang lebih sejahtera, kerjasama dan kemitraan antara Dewan Pengurus Kadin Ende dengan berbagai pihak terkait sangat diharapkan. Ke depan, akan terus digalang secara profesional naik dengan pemerintah daerah, DPRD, organisasi dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan atau organisasi politik dan staekholder yang ada di Ende.

Djamal Al Hada pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih bagi pengurus lama terutama Achmad Rauf dan seluruh pengurus lainnya yang telah meletakan dasar bagi perjuangan membangun dunia usaha di Kabupaten Ende.

Komposisi Dewan Pengurus Kadin Kabupaten Ende, Ketua, Djamal AL Hadad, Wakil Ketua, Joseph Filmon Wongso Setiawan, Philipus Daki, Joppy Wenas de Flores, Kifli Bambang. Bidang-bidang, Ketua Bidang Pengembangan Daera, Asosiasi, Mansyur Ana Rena, Ketua Bidang Pengusaha Kecil, Koperasi, Penanaman Modal dan Hubungan Luar Negeri, Agus Welem, Ketua Bidang Penanaman Modal dan Hubungan Luar Negeri, Luthfi Al Habsyi.

Ketua Bidang Industri, Perdagangan dan Promosi, Jamai Nati. KETUA Bidang Pariwisata, Pos Media dan Konsultasi, Petrus Hadi B. Ketua Bidang Pertambangan dan Energi, Gasim Sumbi. Ketua Bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kelautan dan Lingkungan Hidup, Walid Idrus. Ketua Bidang Hukum, Perpajakan dan Perbankan, Ibu Ario Pani. Ketua Bidang SDM, Kesejahteraan Rakyat, Dato Ahmad Ladjar.

Tidak ada komentar: