22 Juli 2011

Nasabah BRI Unit Detusoko Raih Hadiah Undian Simpedes

· Irma KDI Goyang Ende

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Nasabah dari BRI unit Detusoko yang merupakan rekekning BPNPM TA 2010 berhasil keluar sebagai pemenang hadiah utama undian Simpedes BRI tahap pertama 2011. Terpilihnya rekening BPNPM dari BRI Unit Detusoko sebagai peraih mobil Suzuki carry 1500 cc setelah dilakukan penarikan nomor undian Simpedes BRI oleh Bupati Ende, Don Bosco M Wangge pada puncak acara pesta rakyat Simpedes BRI di Lapangan Pancasila.

Acara puncak pesta rakyat Simpedes BRI ini juga dimeriahkan penampilan artis ibukota Irma KDI, Majesty Band dan grup gambus Kota Ende juga diragkaikan dengan penyerahan hadiah juara lomba gawi pada festival gawi. Pada acara puncak ini, pihak BRI memberikan hadiah uang kaget bagi penonton yang menyaksikan rangkaian acara. Hadiah uang kaget yang diberikan sebesarRp250 ribu bagi setiap penonton yang mampu menjawab pertanyaan seputar produk BRI dari pembawa acara. Tidak itu saja, BRI juga membagi-bagikan kupon belanja senilai Rp5000 yang dapat di manfaatkan untuk berbelanja di 20 stan bazaar murah yang ada di lokasi kegiatan. Sore harinya telah pula dilakukan pawai yang melibatkan nasabah dari BRI Unit Nusatara, Unit Marilonga dan Unit Paupire diiringi drumband MAN Ende.

Bupati Ende, Don Bosco M Wangge pada acara puncak pesta rakyat Simpedes BRI di Lapangan Pancasila, Sabtu (17/7) malam lalu mengatakan, menabung merupakan suatu upaya untuk memperbaiki perekonomian. Dengan menabung, masyarakat sudah ikut berpartisipasi membantu pemerintah dalam pembangunan daerah.

Pada kesempatan itu Bupati Don Wangge mengatakan, menabung harus dibiasakan sejak dini. Menabung, kata dia harus didahulukan ketika mendapatkan uang. Hal itu kata dia suah biasa dilakukan oleh orang-rang kaya. Biasanya orang kaya kalau mendapatkan uang, pertama yang diprioritaskan adalah untuk menabung. Setelah sudah disisihkan untuk tabungan baru sisanya dimanfaatkan untuk belanja.

Namun, kata Bupati Don Wangge, kebiasaan itu tidak dilakukan orang-orang yang tidak berpunya atau kurang mampu. “Biasanya kita yang miskin ini kalau terima uang biasanya kita belanjakan dulu sisanya baru disimpan. Jadi simpan uang kalau ada sisa belanja kalau tidak ya tidak ada simpanan,” kata Bupati Don Wangge.

Dikatakan, masyarakat Kabupaten Ende saat ini jumlahnya 200 ribu jiwa lebih. Jika 100 ribu orang saja menabung dengan besarannya Rp1 juta per orang maka jumlahnya sangat besar dan itu sangat luar biasa. Dengan tabungan yang sebesar itu maka masyarakat juga sudah membantu pemerintah dalam pembangunan daerah sehingga proses pembangunan dapat lebih cepat tercapai.

Pesta rakyat yang dilakukan BRI ini, lanjutnya telah memberikan hiburan bagi masyarakat. Masyarakat yang datang menikmati hiburan agar setelah pulang, besoknya datang kembali ke BRI untuk membuka simpanan untuk menabung dan yang sudah punya simpanan agar terus menabung. Menabung, katanya sangat baik demi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Asisten Manajer Bisnis Mikro, Ramli Arif pada kesempatan itu mengatakan, pesta rakyat Simpedes BRI ini diselenggarakan setahun sekali sebagai wujud penghargaan dan ucapan terimakasih kepada nasabah BRI yang tersebar di Kabupaten Ende. Acara penarikan undian Simpedes BRI ini dikemas dalam pesta rakyat dan acara puncaknya menghadirkan artis Irma KDI dan memberikan hiburan gratis kepada masyarakat.

Ramli Arif mengatakan, tabungan simpanan pedesaan (Simpedes) merupakan produk tabungan yang dipasarkan di semua BRI unit yang sampai akhir bulan Juni 2011 ini sudah berhasil menghimpun dana masyarakat sebesar Rp125,5 miliar. Dari jumlah Simpedes BRI sebesar itu, telah disalurkan kembali kepada masyarakat sebesar Rp121,8 miliar atau sekitar 97,1 persen dalam bentuk pinjaman Kupedes.

“Angka di atas hanya merupakannsalah satu angka pencapaian dari satu produk kami di BRI unit. Sedangkan BRI Ende melalui produk unggulan lainnya yaitu Britama, Giro dan Deposito juga menunjukkan angka yang menggembirakan di Ende, demikian juga dalam hal penyaluran kembali dalam bentuk pinjaman,” kata Ramli Arif.

Dia mengatakan, BRI Ende merupakan satu-satunya bank di Ende yang berhasil menghimpun dana masyarakat di pedesaan sampai masyarakat menengah dan menyalurkan kembali kepada segala lapisan masyarakat atau sector ekonomi dari pengusaha kecil, ritel dan menengah termasuk pegawai maupun pension dalam jumlah yang hampir seimbang. Ke depan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, akan dibuka BRI unit baru di Jalan Kelimutu dan satu Teras BRI di tengah pasar Mbongawani.

BRI juga patut mengcapkan terima kasih keada Pemerintah Daerah Ende karena sudah ditandatangani MoU mengenai kerjasama membantu pedagang khususnya pedagang di pasar Mbongawani.



Tidak ada komentar: