22 Juli 2011

Novita Birhi Lolos ke Olimpiade Sains Tingkat Nasional

* Wakili NTT untuk Bidang Studi Kimia

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Siswi SMAK Model Frateran Ndao, Damiana Nofita Birhi,dinyatakan lolos ke olimpiade sains tingkat nasional mewakili Provinsi NTT. Damiana Nofita Birhi mewakili NTT untuk bidang studi Biologi. Novita mewakili NTT setelah dalam perlombaan sains di tingkat provinsi Novita mengungguli siswa siswi dari sekolah lain di Propinsi NTT yang ikut serta dalam loma tersebut.

Hal itu dikatakan guru SMAK Frateran Ndao, Felix Pandai kepada Flores Pos, Jumad (15/7). Dikatakan, olimpiade sains tingkat Nasional tahun 2011 akan diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara dan akan diikuti ratusan anak dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia.

Damiana Novita Birhi mengatakan, prestasi yang diraihnya itu diperolehnya berkat usaha dan kerja kerasnya selama ini. Selain itu, prestasi ini juga dicapai berkat dukungan yang sangat besar dari orang tua, sekolah, para guru dan lingkungan. Menurutnya, berkat dukungan dari semuanya itu membuat dia belajar sungguh-sungguh dan merasakan bahwa dukungan tersebut merupakan bentuk dorongan dan motivasi untuk terus berjuang.

Dia berharap, dukungan tersebut terus diberikan adanya hingga pada saat mengikuti ajang olimpiade sains di tingkat nasional di Manado nanti. “Mudah-mudahan perlombaan ditingkat nasional saya bisa meraih prestasi yang gemilang dan bisa bersaing dengan siswa dari sekolah lain di Indonesia,” kata Novita.

Kepala SMAK Model Frateran Ndao, Fr. M. Sarto, BHK mengatakan bangga dengan raihan prestasi yang dicapai Novita. Menurutnya, hampir setiap tahun mereka selalu mewakili NTT untuk berlomba di tingkat nasional. Khusus bidang studi Kimia, tiga tahun terakhir ini mereka selalu mewakili Kabupaten Ende untuk berlomba ditingkat provinsi serta mewaklili NTT ke tingkat nasional. Dia berharap, sukses yang diraih di tingkat provinsi ini dapat diraih juga di tingkat nasional nanti.

Adapun perwakilan dari NTT diwakilkan oleh delapan orang siswa dari lima sekolah yang ada di NTT, yaitu SMAK Model Frateran Ndao - Ende, SMAK Model Giovani Kupang, SMAK Seminari St. Yoh Berchmans Mataloko-Ngada, SMA Negeri 1 Ruteng, dan SMA Negeri 3 Kupang.

Tidak ada komentar: