20 September 2010

Bupati Don Lantik 18 Pejabat Eselon II

  • Juga Sejumlsah Pejabat Eselon III dan IV

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Bupati Ende, Don Boscoi M Wangge bertempat di lantai dua kantor bupati melantik 18 pejabat eselon II dan sejumlah pejabat eselon III dan IV lainnya untuk menempati jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Ende. Dalam pelantikan kali ini, selain untuk penyegaran juga untuk promosi jabatan. Mutasi kali ini juga terdapat empat pejabat eselon II yang dipromosikan dari jabatan eselon III ke eselon II.

Bupati Ende, Don Bosco M Wangge pada kesempatan pelantikan, Kamis (19/8) mengatakan, pelantikan dan mutasi merupakan bagian dari khidupanberorganisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Selain itu juga merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai sebagai upaya penyegaran dan peningkatan kinerja.

Pelantikan, kata Bupati Don hendaknya dimaknai sebagai kepetingan organisasi bukan sekedar penempatan figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan melainkan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum.

Dikatakan, parameter utama dalam penempatan jabatan dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pangkat serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara. “Dalam konteks ini, mutasi harus dimaknai sebagai suatu penugasan dan secara lebih bijak merupakan suatu amanah,” kata Bupati Don.

Setiap perpindahan tugas dan area kerja, lanjutnya, akan memperkaya pengalaman setiap pegawai pada lingkungan strategis yang cenderung berubah dan dapat menjadi potensi pengkayaan dalam pembinaan karier. Pembinaan karier merupakan salah satu tujuan dari keseluruhan kebijakan pemantapan organisasi untuk menciptakan pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi yang pada akhirnya dapat mewujudkan visi, misi Kabupaten Ende untuk mewujudkan tata pemerintahan daerah yang baik.

Kepada para pejabat yang dilantik bupati berharap meningkatkan disiplin, semangat kerja, dedikasi serta tanggung jawab sehingga pelaksanaan tugas tidak tersendat dan dapat diselesaikan tepat waktu dan tepat sasaran. Berpikir jeli, peka dan tanggap terhadap situasi yang berkembang, proaktif dan terlibat merancang dan melaksanakan kegiatan bersama pimpinan. Bersikap terbuka terhadap kebenaran dan demi kebaikan umum dan sikap kritis demi penyempurnaan. Sebagai pejabat, kata Bupati Don, hendaknya melakukan pengawasan melekat secara berjenjang sehingga pelaksanaan tugas tetap terarah dan tidak menyimpang. Selain itu mempunyai kesungguhan untuk meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan.

Diakuinya, kontrol sosial yang semakin bergema melalui berbagai media merupakan hal positif dan sebagai indikator adanya pemberian ruang partisipasi masyarakat yang lebih besar dalam penyelenggaraan pembangunan. Dalam penyelenggaraan pemerintahan hendaknya tetap mengacu pada asas umum penyelenggaraan negara yakni, asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaraan negara, asas keterbukaan, asas proporsionalitas, asas profesionalitas, asas akuntabilitas, asas efisiensi dan asas efektifitas. “Untuk itu saya percaya saudara-saudarataat asas dalam melaksanakan tugas serta mampu membedakan antara tugas-tugas yang menjadi konsumsi publik dengan tugas-tugas yang perlu dirahasiakan,” kata Don Wangge.

Tabel Pejabat Eselon II yang Dilantik

No.

Nama

Jabatan Lama

Jabatan Baru

1.

Yohanes Dua

Inspektur Inspektorat

Kepala Badan Kepegawaian Daerah

2.

Muslim Rauf

Kaban Penelitian dan Pengembangan

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD)

3.

Abdullah Ali

Kadis Perhubungan

Kadis Perhubungan

4.

Hendrikus Seni

Asisten I

Pembebasan dari Jabatan Negeri

5.

Woge Yoseph

Kepala Badan Penaaman Modal Daerah

Kadis Perindustrian & Perdagangan

6.

Martinus Ndate

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat & Desa (BPMD)

Asisten I

7.

Sipri Reda Lio

Kepala BLHD

Kepala Dinas Sosial

8.

Marmi Kusuma

Kepala Dinas Sosial

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan

9.

Efraim Diakonia

Sekretaris Inspektorat

Inspektur Inspektorat

10.

Marselinus Roga

Kabag Pemerintahan

Kepala BPMD

11.

Lele Yoseph

Sek Dinas Pertambangan

Kadis Kehutanan & Perkebunan

12.

Raimundus Panda

Kadis Perindustrian

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah

13.

Husen Tahu

Kabag Humas Sekretariat DPRD

Sekretaris DPRD Ende

14.

Abdul Syukur M

Kadis Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD)

Asisten III

15.

Agus Wale Wae

Kadis Koperasi & UKM

Kadis PPKAD

16.

Suka Damai Doa S

Sekretaris DPRD

Kadis Pariwisata & Kebudayaan

17.

Anna Anni Labina

Kadis Pariwisata

Kadis Koperasi dan UKM

18.

Frans Hapri

Kadis PPO

Kepala Badan Penanggulangan Bencana

Tidak ada komentar: