20 September 2010

* Tingkatkan Motifasi Diri dan Komitmen dalam Bekerja

* Tingkatkan Motifasi Diri dan Komitmen dalam Bekerja
Oleh HieronimusBokilia

Ende, Flores Pos

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ende dalam rangka mewujudkan program penguatan integritas dan komitmen pegawai di lingkup Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengawalinya dengan upacara pengibaran bendera di halaman Kantor KPP Pratama Ened, Rabu (18/8). Upacara dipimpin Kepala KPP Pratama Ende,

Saripudin pada kesempatan itu menegaskan, nilai-nilai organisasi dalam peluncuran deklarasi tersebut adalah profesionalisme, integritas, team work dan inovasi. Dia berharap deklarasi DKP Maju, PasTI tersebut dapat meningkatkan motivasi diri pegawai dan komitmen seluruh pegawai untuk senantiasa bekerja lebih semangat dengan memiliki rasa sama dan senasib dengan seluruh warga negara, sehingga semakin tinggi tercipta rasa cinta tanah air dan jiwa juang yang besar terhadap bangsa.

Dikatakan, pelaksanaan upacara bendera pendeklarasian DJP Maju, PasTI tersebut serentak oleh organisasi DJP di seluruh Indonesia yang terdiri dari Kantor Pusat DJP, 31 Kantor Wilayah, 331 Kantor Pelayanan Pajak dan 207 KP2KP. Dalam sejarah kehidupan seseorang atau sejarah perkembangan suatu organisasi, lanjut Saripudin, selalu terjadi perubahan dari masa ke masa berikutnya. Demikian juga organisasi DJP yang sudah mengalami beberapa tahapan reformasi. Perubahan tersebut, lanjutnya merupakan gebrakan pemerintah pusat untuk mencapai hasil yang lebih baik. “Dengan kata lain awal perjuangan merupakan suatu hal yang baru, hari ini ditemukan suatu rumusan baru besok dan ke depan masih ada hal yang baru lagi,” kata Saripudin.

Dengan demikian, tambahnya, seluruh pegawai DJP dituntut mengikuti perkembangan, menyesuaikan diri dan mampu melaksanakannya. Sebenarnya apa yang ada sekarang, dari dulu sudah ada hanya penyempurnaan sistem, analisis, dan teknologi yang semakin modern. Awal reformasi perpajakan yang dicanangkan tahun 2002 mengutamakan modernisasi administrasi perpajakan, sedangkan reformasi tahap kedua tanggal 22 Juni 2009 mengutamakan pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penyempurnaan Pelayanan.

Saripudin menegaskan, dalam pelaksanaan internalisasi DJP MAJU, PasTI Tahap III yang diluncurkan serentak seluruh Indonesia, mengandung nilai-nilai yang diharapkan untuk dapat membangkitkan kreatifitas yang tinggi dan kekompakan dalam pelaksanaan tugas, yang tentunya mengutamakan hasil kerja yang berkualitas, cepat dan sesuai data yang sebenarnya.

Tolok Ukur pelayanan yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggara pelayanan dan acuan penilaian pelayanan sebagai kewajiban adalah kualitas, cepat dan memudahkan masyarakat wajib pajak yang dilayani. Dengan demikian setiap pegawai DJP harus semakin meningkatkan disiplin dalam segala bidang sesuai kode etik DJP. Berlangsungnya peluncuran tersebut sesuai harapan Presiden Republik Indonesia dan Menteri Keuangan Republik Indonesia yang menegaskan semangat reformasi yang digulirkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Dirjen Pajak, Darmin Nasition harus diteruskan dengan harapan hasil yang sudah baik perlu ditingkatkan dari tahun ke tahun dengan pelayanan, pengawasan, pemeriksaan dan penegakan hukum yang pasti dan adil sesuai tingkat perekonomian setiap wajib pajak.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ende, Saripudin membacakan deklarasi DJP maju, PasTI” tahap III. Dalam deklarasi tersebut, pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia mendeklarasikan bahwa dalam setiap pelaksanaan tugas, senantiasa menerapkan nilai-nilai Organisasi Direktorat Jenderal Pajak yaitu Profesionalisme, Integritas, Teamwork dan Inovasi untuk Indonesia yang lebih baik dengan semangat “DJP MAJU, PasTI“.

Saripudin mengatakan, kegiatan usaha para pengusaha maupun pelaksanaan tugas para karyawan pemerintah yang sehat tercermin dari sikap dan perilaku yang jujur dalam memenuhi kewajiban.

Tidak ada komentar: