20 September 2010

Yayasan Bisma dan TB Grasmedia Gelar Pameran Buku Islami

* Bertepatan dengan Momentum Bulan Puasa

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Yayasan Bisma dan Toko Buku Gramedia Cabang Maumere menggelar pameran buku Islami. Pameran buku Islami selama tiga hari itu dilaksanakan bertepatan dengan momen bulan puasa yang sedang dijalani umat Islam.

Supervisor Penjualan Toko Buku Gramedia Maumere, Kanisius Jebatun kepada Flores Pos di arena pameran buku aula gedung Masjid Raya, Sabtu (21/8) mengatakan, pameran buku itu diselenggarakan kerja sama Yayasan Bisma dan Toko Buku Gramedia Maumere. Pameran dilaksanakan selama tiga hari dari Jumad-Sabtu (20-22/8).

Dikatakan, total buku yang dipamerkan dalam pameran kali ini sebanyak 300 judul buku dengan total dana sebesar Rp120 juta. Selain memamerkan buku-buku Islami, pameran ini juga menampilkan buku-buku pengetahuan umum lainnya. Buku-buku Islami yang dipamerkan seperti Al Qur’an, cerita-cerita anak bernuansa Islami, resep masakan bernuansa Islami juga buku pelajaran dari SD, SMP dan SMA. “Karena ini pameran buku Islami jadi lebih dodinimasi bnuku-buku bertema Islami,” kata Kanis.

Sejauh ini, kata Kanis, Gramdeia baru dua kali menggelar pameran buku di Ende. Pameran ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya sempat mengikuti pameran di Stadion Marilonga beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dari dua hari pameran ini, animo masyarakat berkunjung ke arena pameran buku masih kurang. Demikian juga dengan tingkat penjualan yang belum begitu banyak.

Pameran buku bertema Islami ini, kata Kanis, selain bertepatan dengan momen bulan puasa juga dalam rangka memperkenalkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa di Flores sudah ada Toko Buku Gramedia yang ada di Maumere. Selain dalamrangka sosialisasi, pameran ini juga dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan minat baca di kalangan anak-anak sekolah dan masyarakat pada umumnya.

Diakuinya, Toko Buku Gramdia Maumere saat ini memiliki koleksi sebanyak 60 ribu judul buku. Selain menyediakan buku, Toko Buku Gramedia Maumere jga menyediakan perlengkapan alat tulis kantor.

Ketua Panitia Pameran Buku Islami dari Yayasan Bisma, Heru Sutaban mengatakan, pemilihan tema buku pameran yang bernuansa Ismali mengingat saat ini umat Islam sedang menjalani masa puasa dan akan memasuki hari raya Lebaran. Yayasan Bisma mengambil inisiatif mengundang Gramdeia untuk menggelar pameran buku Islami bersama dan ternyata disambut baik oleh Toko Buku Gramedia Maumere.

Menurutnya, niat Yayasan Bisma menggelar pameran dan melibatkan Toko Buyku Gramedia karena melihat ketersediaan buku-buku di Ende masih sangat kurang. Karena itu, sebagai langkah awal menumbuhkembangkan minat baca di kalangan anak-anak dan masyarakat Ende, Yayasan Bisma memandang perlu untuk menggelar pameran buku bertema Islami seperti ini.

Dia berharap, ke depan pameran buku masih dapat digelar seperti yang dilakukan saat ini. menurut rencana, Yayasan Bisma akan kembali menggelar pamerasn buku dengan tema umum agar semakin banyak minat masyarakat yang mengunjungi arena pameran.

Tidak ada komentar: