25 Mei 2011

Masyarakat Desa Emburia Minta Pemasangan Jaringan Listrik

· * Selama ini Hanya Gunakan Lampu Pelita

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Masyarakat Desa Emburia Kecamatan Ende yang terdiri atas tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan mendatangi Kantor DPRD Ende. Mereka meminta Dewan memfasilitasi mereka membantu pemasangan jaringan listrik di desa tersebut. Sebelumnya mereka juga sudah mendatangi kantor PT PLN Cabang Flores Bagian Barat menyampaikan maksud yang sama.

Mosalaki Woropahda, Yakob Janggo di gedung DPRD Ende, Senin (23/5) mengatakan, masyarakat di sejumlah wilayah di Desa Emburia Kecamatan Ende seperti di Dusun Gaso belum dilayani listrik. Masyarakat pada malam hari hanya menggunakan lampu pelita. Sedangkan kalau ada kegiatan seperti kematian, pesta dan acara besar lainnya warga terpaksa meminjam genset dengan biaya yang cukup besar.

Padahal, kata Yakob Janggo, masyarakat begitu besar keinginannya agar secepatnya dilayani pemasangan jaringan listrik. Keinginan itu sudah disampaikan kepada pihak PLN sejak tahun 2002. Permohonan juga kembali diajukan pada tahun 2009. Bahkan, masyarakat sudah mengumpulkan uang sebesar Rp21 juta untuk pemasangan jaringan. Namun setelah permohonan diajukan dan tim dari PLN turun melakukan survei, hingga saat ini mereka belum terlayani juga. “Akhirnya uang yang sudah kami kumpul kami bagi kembali,” kata Janggo.

Kedatangan warga dari berbagai unsur ini, kata Janggo ingin meminta Dewan agar bisa memfasilitasi pemasangan listrik di Desa Emburia. “Kami harap paling lambat Juni ini sudah bisa terlayani,” kata Janggo. Dikatakan, mereka juga sudah bertemu pihak PLN dan dijanjikan tim akan turun melakukan survei.

Janggo juga mengatakan, masyarakat siap membantu pihak PLN dalam pemasangan jaringan. Bahkan, masyarakat sudah menyatakan untuk merelakan lahan mereka dilewati jaringan dan tanaman mereka dipotong untuk mempermudah pemasangan jaringan tanpa ada tuntutan ganti rugi. “Kami tidak persoalkan pembebasan lahan dan korbankan tanaman. Yang penting listrik bisa masuk,” katanya.

Tidak ada komentar: