25 Mei 2011

Rusak Parah, Jalan Jopu-Rindiwawo Diminta Segera Diperbaiki

  • Hambat Arus Transportasi

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Ruas jalan Jopu-Rindiwawo di Kecamatan Wolowaru kondisinya saat ini dalam keadaan rusak berat. Ruas jalan sepanjang tiga kilometer itu rusak akibat terkikis air hujan yang masuk hingga ke badan jalan. Kerusakan yang terjadi menyebabkan ruas jalan yang sehari-harinya digunakan oleh masyarakat setempat tersebut sulit dilalui kendaraan.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Asal Wolowaru (IMARU)-Ende, Agustinus Rae kepada Flores Pos, Minggu (8/5). Rae mengatakan, prihatin atas kondisi jalan yang rusak yang tidak dapat dilalui kendaraan umum, IMARU mengambil langkah untuk melakukan survei lapangan. Tim survey telah dibentuk untuk menelusuri, mengupayakan dan memperjuangkan perbaikan jalan tersebut.

Tim yang dibentuk kata Rae diketuai oleh Yohanes Rete. Mereka, kata dia telah bekerja dan turun langsung untuk menelusuri dan mengambil beberapa data termasuk keluhan dari masyarakat setempat terkait kerusakan jalan tersebut.

Rae mengatakan, dari hasil survei lapangan oleh tim IMARU, kerusakan ruas jalan Jopu-Rindiwawo telah dialami sejak empat tahun terkakhir. Ruas jalan tersebut pada masa pemerintahan sebelumnya sudah sempat diperbaiki. Namun karena pengerjaan jalan yang kualitasnya kurang baik dan tidak kuat mengakibatkan jalan mudah rusak. Kerusakan, kata Rae semakin diperparah dengan kikisan air pada musim hujan.

Sejak kerusakan terjadi, kata Rae, angkutan umum tidak bisa lagi melewati ruas jalan tersebut. Akibatnya, masyarakat mesti berjalan kaki ataupun mengeluarkan biaya lebih menumpang ojek menuju Moni untuk menunggu angkutan umum.

Kerusakan yang ada, sudah sangat menyulitkan akses keluar masuk masyarakat setempat. Permasalahan ini tidak saja mengganggu arus transportasi namun lebih dari itu telah pula berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat setempat dalam beberapa tahun terakhir.

IMARU sangat berharap, pemerintah dapat mengalokasikan anggaran guna memperbaiki jalan dimaksud. “Untuk memperjuangkan perbaikan jalan Jopu-Rindiwawo dalam waktu dekat ini IMARU-Ende akan mengirimkan surat kepada DPRD ENDE guna membicarakan dan mencari solusi terkait kerusakan jalan tersebut,” kata Rae.

Tidak ada komentar: