15 Februari 2011

Arus Lalu Lintas Ende Detusoko Macet Total

  • Tronton Halangi Jalan

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Arus lalu l;intas di jalur jalan Ende Detusoko sejak Senin (24/1) malam kemarin nyaris putus total. Satu unit tronton yang memuat peralatan berat tergelincir dan menutup badan jalan. Jalan hanya dapat dilewati sepeda motor. Sedangkan kendaraan roda empat lainnya tidak dapat melintas di jalaur jalan ini. para penumpang dari dan ke Ende terpaksa dipidanhkan dan menggunakan kendaraan yang ada di dua belah sisi jalan.

Camat Detusoko, Emanuel Laba per telepon dari Detusoko, Selasa (25/1) mengatakan, tronton yang kandas di KM 29 Desa Wolofeo itu sudah dilaporkan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum Perwakilan NTT di Ende. Pihak dinas pada malam itu tidak dapat mengirim lodernya ke lokasi untuk menarik tronton karena ban loder gembos. Mereka baru mengirim loder ke lokasi pada Selasa siang.

Namun saat dilakukan upaya penarikan, loder yang ada tidak mampu menarik tronton yang kandas. Upaya yang dilakukan untuk dapat menarik tronton yang kandas yakni mendatangkan eksavator milik PT Nindya Karya yang saat ini sedang mengerjakan jalan di Roa-Saga. Penarikan tronton menunggu eksavator dari Roga tia di lokasi baru dapat dilanjutkan.

Kandasnya tronton di KM 29 Desa Wolofeo ini, lanjut Laba mengakibatkan arus transportasi dari dan ke Ende nyaris tidak dapat dilakukan. Jalan hanya dapat dilewati kendaraan sepeda motor. Sedangkan kendaraan roda empat tidak dapat melintas. Penupang tujuan Ende dan penupang dari Ende tujuan Maumere terpaksa tidak dapat langsung. Para penumpang teraksa diturunkan dan dipindahkan ke mobil lain yang ada di seberang jalan. “Penumpadari Untuk kembalitelah mengirim jalurjalur ajlaMobil tidak bisa lewat. Penumpang kita pindahkan ke mobil yang dari Maumere dan yang dari Ende,” kata Eman Laba.

Dia berharap, bantuan eksavator dari Roga milik PT Nindya Karya dapat membantu menarik tronton. Jika tidak, jalur jalan ini tidak dapat dilewati dan akan sangat mengganggu arus lalu lintas.

Tidak ada komentar: