15 Februari 2011

Lampu Jalan Kota Ende Mulai Diperbaiki

  • Prioritaskan dalam Kota

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Lampu jalan dalam Kota Ende yang selama beberapa bulan belakangan ini rusak dan menyebabkan sejumlah jalan ruas di dalam kota gelap di malam hari, saat ini sudah mulai diperbaiki. Perbaikan mulai dilaksanakan Desember lalu saat mempersiapkan kedatangan Wakil presiden Boediono ke Ende. Namun untuk perbaikan lampu jalan saat ini, pemerintah melalui Bagian Umum masih memprioritaskan lampu jalan yang ada di dalam wilayah Kota Ende.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Umum Setda Ende, A Yani di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. Yani mengatakan, dalam proses perbaikan ini, tidak dilakukan pergantian secara menyeluruh. Pergantian hanya dilakukan berdasarkan tingkat kerusakan.

Diakuinya, rata-rata yang hanya mengalami kerusakan pada bola lampu bisa langsung digantikan dengan bola lampu yang baru. Namun, untuk kerusakan-kerusakan pada perangkat membutuhkan waktu untuk dilakukan perbaikan.

Dia mengatakan, perbaikan akan terus dilakukan dan targetnya agar semua lampu jalan yang selama ini mengalami kerusakan dapat diperbaiki seluruhnya. “Target kita untuk dalam kota paling lama akhir Januari sudah bisa perbaiki semua,” katanya.

Setelah melakukan perbaikan lampu jalan dalam kota, lanjutnya, baru dipikirkan untuk melakukan perbaikan lampu jalan di kecamatan-kecamatan. Untuk perbaikan lampu jalan di kecamatan, juga akan diprioritaskan kecamatan-kecamatan yang ada di sekitar kota seperti kecamatan Ende, Ende Timur dan Ndona. Sedangkan kecamatan lainnya menyusul dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Bupati Ende, Don Bosco M Wangge kepada wartawan sebelumnya mengatakan, perbaikan lampu jalan mebutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Untuk itu, jika Dewan mempertanyakan kenapa lampu jalan tidak nyala, patut dipertanyakan pula berapa besar anggaran yang dialokasikan untuk lampu jalan. Selama ini pemerintah memang memungut retribusi untuk lampu jalan. Namun, dari retribusi yang ditarik itu, dimasukan dalam APBD untuk kemudian dialokasikan kembali.

Terkait wacana menggunakan lampu jalan tenaga surya, Bupati Don Wangge mengatakan, penggunaan lampu jalan tenaga surya jusatru akan sangat menghemat. Hanya saja, proses pengadaannya yang membutuhkan anggaran yang besar. Namun demikian, lanjutnya, walaupun anggaran pengadaan besar namun itu dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, dalam pemanfaatannya tidak lagi mengeluarkan ongkos yang besar.

Apalagi, jika nanti memang digunakan, akan ada pengatur waktu di mana ada jam yang lampunya harus menyala total, ada jam di mana lampunya hanya menyala suram. Menyala total pada saat aktifitas masyarakat lagi tinggi dan mulai redup saat aktifitas mulai berkurang hingga akhirnya padam saat tidak menjelang pagi. Namun untuk bisa mewujudkan itu, kata Bupati Don, dibutuhkan komitmen bersama antara pemerinta dan DPRD karena menyangkut angaran yang besar dalam proses pengadaannya.

Pantauan Flores Pos, sejumlah lampu di jalan El Tari sudah mulai menyala pada malam hari. Hanya saja, ada sebagian ruas jalan yang lampunya belum menyala. Sementara material bola lampu untuk perbaikan lampu jalan banyak yang masih menumpuk di ruangan Kepala Bagian Umum.

Tidak ada komentar: